Mother&Baby Indonesia
Tips Menyiasati Waktu saat Harus Work From Home

Tips Menyiasati Waktu saat Harus Work From Home

Akibat penyebaran COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan belakangan ini, banyak dari perusahaan yang memberlakukan kebijakan untuk work from home alias bekerja di rumah. Hal ini ternyata menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Pasalnya, konsentrasi Anda bisa terbagi antara pekerjaan, mengurus rumah, serta merawat dan bermain dengan Si Kecil. Agar tak kerepotan dalam membagi waktu di antara hal-hal tersebut, Anda perlu menyiasatinya dengan tips dan trik berikut ini:




1. Atur Waktu

Jadwal baru mungkin perlu Moms buat selama work from home. Usahakan untuk tetap bangun pagi, dan gunakan waktu tersebut untuk mengurus Si Kecil. Anda bisa membangunkannya, lalu memandikan dan sarapan bersama untuk mengawali hari. Akan lebih baik jika sudah berkoordinasi dengan pasangan, tentang waktu bermain bersama anak secara bergantian. Dengan begitu, Anda dan pasangan tetap bisa bekerja dan menghabiskan waktu bersama anak.


2. Siapkan Ruangan Khusus

Apabila di rumah tidak memiliki ruang kerja khusus, Anda perlu menyiapkan kamar lainnya untuk bekerja. Usahakan agar ruangan tersebut agak tertutup atau memiliki sekat sebagai pemisah dengan ruangan lainnya. Hal ini akan bisa membantu Moms untuk lebih fokus dalam melakukan pekerjaan, sekaligus memisahkan dari ruang bermain anak. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menjelaskan kepada Si Kecil agar tak bermain di ruangan tempat Anda bekerja tersebut.


3. Sarana Bermain Anak




Ketika Anda kesulitan untuk bekerja sementara ada anak di rumah, hal ini masih bisa diatasi dengan memberikannya mainan atau aktivitas lain, misalnya buku menggambar/mewarnai, mainan bongkar pasang, atau buku bacaan. Anak akan menjadi fokus pada mainan kesukaannya, sembari Anda berusaha untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.


4. Komunikasi yang Baik

Berkomunikasi dengan pasangan atau asisten rumah tangga sangat diperlukan juga. Pasalnya, saat Anda harus fokus bekerja, Si Kecil akan dirawat dan ditemani oleh mereka. Namun, jangan sampai Anda lepas tangan begitu saja. Tetapkan waktu untuk beristirahat, yang bisa dimanfaatkan untuk bermain sebentar dengan anak.


5. Menjaga Kesehatan

Hal yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tubuh selama di dalam rumah. Anda bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari atau sore hari. Pastikan juga untuk minum air setidaknya 2 liter sehari. Konsumsi juga makanan yang sehat dan bisa dimasak sendiri pastinya, untuk menjaga kebersihan dan kandungan nutrisi di dalamnya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   karir ibu,   ibu bekerja,   work from home








Cover Maret 2020