Mother&Baby Indonesia
7 Cara Salaman Baru untuk Mencegah Corona

7 Cara Salaman Baru untuk Mencegah Corona

Infeksi virus corona semakin merajalela! Hingga Senin (9/3), Kemenkes RI mengatakan penderita COVID-19 di Indonesia melonjak drastis menjadi 19 orang, bertambah 13 orang dari sebelumnya 6 orang. Penyebaran virus ini memang terbilang cepat, karena itu sangat penting untuk meningkatkan daya tahan dan kebersihan tubuh Anda dan Si Kecil, Moms.

Memang sejauh ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi virus corona, namun Moms bisa mencegahnya, lho! Selain memakai masker saat sakit dan rajin mencuci tangan, menghindari penyebaran virus, kuman, dan bakteri dengan tidak berjabat tangan dengan orang lain juga disarankan.

Ada sejumlah alternatif pengganti jabat tangan yang bisa Anda terapkan bersama Si Kecil. Tidak perlu khawatir, Anda dan Si Kecil tetap bisa bertegur sapa atau memberi salam pada orang lain kok, dengan cara-cara berikut ini.




1. Foot Shake

Pernah melihat video viral tentang alternatif berjabat tangan? Ya, video itu sering disebut ‘Wuhan Shake’ di mana salam kaki menggantikan jabat tangan. Ini merupakan alternatif bersalaman baru guna meminimalisir penyebaran kuman atau virus penyakit. Cara ini tentu lebih aman daripada berjabat tangan, dan Anda tidak perlu berbagi virus kan, Moms.


2. Shoulder Shake

Untuk sementara waktu, saling menepuk bahu lebih aman untuk dipraktikkan daripada harus menjabat tangan orang lain saat bertemu. Tanpa bermaksud bersikap tidak sopan, saling tepuk bahu juga lebih aman untuk mengurangi risiko penyebaran virus.


3. Melambaikan Tangan


Tentu saja ini gerakan terbaik untuk menghindari jabatan tangan, karena melambaikan tangan tidak memerlukan kontak fisik sama sekali, sehingga penyebaran virus pun aman terjaga.




4. Membungkuk

Gaya bertegur sapa ini sebenarnya mengikuti salam tradisional Jepang, di mana Anda membungkuk untuk menyatakan sapaan tanpa harus berjabat tangan. Gaya ini sangat aman untuk dipraktikkan, karena selain tidak memerlukan kontak fisik, membungkuk juga dinilai sopan dan tidak merendahkan lawan bicara Anda.


5. Namaste

Tanpa berjabat tangan, gerakan salam namaste (seperti yang dilakukan di kelas yoga) adalah cara seru dan aman untuk bertegur sapa dengan orang lain. Cukup satukan kedua telapak tangan Anda di depan dada saat bertegur sapa. Mudah, sopan, dan aman dari penyebaran virus kan, Moms.


6. Elbow Shake

Merasa harus ada kontak fisik saat bertemu orang lain? Maka elbow shake atau bersalaman menggunakan ujung siku tangan adalah solusi yang tepat. Selain siku tangan dinilai lebih bersih dibanding tangan dan jari Anda, elbow shake juga mudah dilakukan dan seru!


7. Senyum

Ini adalah cara termudah dan paling ramah untuk menegur orang lain. Jangan lupa tatap mata lawan bicara untuk menyatakan “Saya senang deh ketemu kamu” tanpa perlu mengucapkannya. Dengan begini, risiko penularan infeksi virus pun semakin berkurang sehingga Anda tetap aman dan sehat. Yang juga penting, selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: virus corona,   interaksi,   wuhan shake








Cover Maret 2020