Mother&Baby Indonesia
5 Tips Mencuci Baju yang Terendam Banjir

5 Tips Mencuci Baju yang Terendam Banjir

Sejak awal tahun 2020, Jakarta dan sekitarnya sudah beberapa kali terendam banjir akibat debit air hujan yang begitu deras dan area resapan yang tidak optimal. Banjir tentu tidak pandang bulu, baik perumahan padat penduduk hingga perumahan mewah, hampir semuanya ikut terdampak banjir.

Apakah rumah Moms juga pernah ikut terendam banjir? Jika ya, Moms pasti pernah merasakan repotnya membersihkan rumah pasca terendam banjir, termasuk membersihkan pakaian yang terendam banjir. Moms mau tahu cara mudah mencuci bersih baju yang terendam banjir? Lakukan tips mudah ini.




1. Bersihkan dari Lumpur


Tak hanya terendam air, baju yang terendam banjir juga terendam lumpur kotor. Terutama baju-baju yang Anda simpan di bagian bawah lemari, yang seringkali jarang diselamatkan karena Anda sibuk menyelamatkan benda atau dokumen berharga. Nah, setelah banjir surut, langkah pertama adalah membersihkan lumpur dari baju-baju Anda.

Perlu Moms ketahui, biasanya laundry tidak menerima baju yang berlumuran lumpur lho, Moms. Maka Anda harus membersihkannya sendiri, tetapi jangan langsung dimasukkan ke mesin cuci ya, karena bisa merusak mesin. Cara terbaik adalah dengan membilas baju menggunakan air mengalir, merendamnya, atau menyemprotnya.


2. Rendam Air Panas


Air banjir tidak hanya penuh lumpur kotor, tetapi juga kuman dan bakteri. Maka sangat penting untuk merendam baju dengan air panas, terutama baju untuk anak-anak atau bayi yang kulitnya masih sangat sensitif. Namun sebelum merendam dengan air panas, pastikan Moms sudah memisahkan baju berdasarkan warnanya, agar tidak luntur, Moms. Lakukan perendaman air panas hingga 2-3 kali ya, Moms. Sampai Moms yakin kuman dan bakterinya sudah mati.




3. Rendam Dengan Cairan Antiseptik

Khusus baju bayi dan anak, sebaiknya Moms memberikan perawatan ekstra pada baju-baju yang terendam banjir. Moms perlu merendamnya dengan cairan antiseptik atau cairan pembersih kuman. Pastikan air yang dipakai berbeda dengan langkah nomor 2 ya, Moms, karena ini adalah langkah tambahan khusus untuk pakaian Si Kecil. Berapa lama harus merendam baju dalam cairan antiseptik? Tak perlu lama-lama, 15 menit saja sudah cukup, kok.


4. Cuci Seperti Biasa

Setelah selesai melakukan 3 langkah di atas, kini Moms bisa mencuci baju seperti biasa. Baik mencuci manual dengan tangan atau dengan mesin cuci. Jangan lupa cuci bersih pakai detergen, ya.


5. Jemur di Bawah Sinar Matahari Langsung


Setelah dicuci bersih, kini baju-baju yang pernah terendam banjir itu harus dijemur di bawah sinar matahari langsung. Tujuannya sederhana, tak hanya mengeringkan, tetapi juga mematikan sisa-sisa kuman dan bakteri yang mungkin masih menempel. Semoga banjir tak datang lagi ya, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: banjir,   baju,   kebersihan,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020