Mother&Baby Indonesia
6 Kesalahan Dalam Menggunakan Masker Lumpur

6 Kesalahan Dalam Menggunakan Masker Lumpur

Penggunaan clay mask atau masker lumpur untuk perawatan wajah menjadi tren di kalangan wanita akhir-akhir ini. Apakah Moms juga termasuk yang gemar merawat kulit menggunakan masker jenis ini?

Jika dilakukan dengan cara yang benar, masker lumpur diyakini memang bisa membuat kulit wajah Anda lebih halus dan terlihat cerah. Akan tetapi, tidak sedikit wanita yang salah dalam mengaplikasikan masker lumpur sehingga khasiatnya tidak maksimal.

Kesalahan apa saja yang kerap dilakukan para wanita ketika menggunakan masker lumpur? Simak penjelasannya berikut ini.




1. Salah Memilih Jenis Clay Mask

Masker lumpur atau clay mask hadir dalam banyak varian dan tidak semuanya cocok untuk segala jenis kulit. Jadi pastikan Anda memilih jenis masker yang memang sesuai dengan fungsi dan jenis kulit. Anda bisa membaca label yang tertera. Atau jika membeli masker lumpur di gerai produk khusus kecantikan, Anda bisa menanyakan langsung pada SPG-nya.

 

2. Melewatkan Cleanser dan Toner

Masker lumpur hanya bisa bekerja optimal di kulit wajah yang sudah bersih dan terbebas dari kotoran, debu, maupun sisa make-up. Jadi jangan lupa membersihkan kulit wajah secara menyeluruh terlebih dahulu menggunakan cleanser dan toner sebelum menggunakan clay mask. Jika tidak, maka bakteri penyebab jerawat bakal terperangkap di pori-pori kulit sehingga masker tidak bisa bekerja secara maksimal.


3. Tidak Memakai Pelembab Sesudahnya

Beberapa jenis masker lumpur membuat kulit terasa sangat kering karena kandungan zat pengontrol minyak di dalamnya. Meski sangat bagus untuk mengatasi jerawat, pengontrol minyak bisa mengurangi tingkat kelembapan alami kulit dan memberi rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk melakukan perawatan lanjutan dengan mengaplikasikan pelembap setelah menggunakan masker lumpur guna membuat wajah kembali lembut dan lentur.




4. Memakai Masker Terlalu Lama

Membiarkan clay mask menempel lebih lama dari waktu yang disarankan, apalagi selama berjam-jam, tidak otomatis memberi hasil yang lebih baik. Kadang-kadang kebiasaan ini justru bisa menimbulkan kekeringan dan iritasi pada kulit wajah.


5. Menggunakan Hanya Satu Jenis Masker

Selain mengetahui jenis kulit Anda, penting juga untuk mengetahui cara terbaik untuk memperbaiki masalah kulit tertentu. Masker lumpur biasanya diformulasikan untuk satu perawatan yang ditargetkan saja. Jadi akan kurang maksimal jika Anda hanya mengandalkan satu jenis masker untuk mengatasi semua masalah kulit wajah.


6. Tidak Konsisten

Masker lumpur akan bekerja lebih maksimal jika diaplikasikan secara konsisten. Artinya, Anda perlu menggunakannya lebih dari sekali untuk bisa melihat hasilnya. Baca label saran pemakaian terlebih dahulu, atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan SPG atau dokter kulit dalam penggunaan masker tersebut. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: clay mask,   masker lumpur,   perawatan,   kecantikan










Cover Mei-Juni-Juli 2020