Mother&Baby Indonesia
8 Sayuran dengan Kandungan Vitamin C Paling Tinggi

8 Sayuran dengan Kandungan Vitamin C Paling Tinggi

Menjaga daya tahan tubuh agar tetap selalu optimal tentu sangatlah penting. Terlebih lagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini ya, Moms. Bila daya tahan tubuh menurun, segala bakteri dan virus bisa menyerang. Alhasil, berbagai penyakit bisa diderita. Maka dari itu, Moms perlu lakukan antisipasi untuk mempersiapkan tubuh berperang melawan bakteri dan virus.

Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan sehat tinggi vitamin, terutama vitamin C. Melansir Healthline, vitamin C telah lama dikenal sebagai antioksidan yang ampuh, berperan dalam menjaga kulit tetap indah, dan memperbaiki fungsi imun. M&B telah merangkum 8 sayuran yang tinggi kandungan vitamin C untuk Anda konsumsi, simak penjelasan berikut.

1. Kale




Daun kale mengandung 120 mg vitamin C setiap 100 gramnya. Satu cangkir berisi daun kale mentah yang sudah dipotong-potong mengandung vitamin C sebanyak 80 mg, yang setara dengan hampir 90 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Tak hanya itu, porsi ini juga mengandung tinggi vitamin K. Satu cangkir yang berisi daun kale yang sudah dimasak mengandung 53 mg vitamin C. Meskipun memasak sayur terlalu lama memang sudah diketahui umum dapat mengurangi kandungan vitamin C, tapi merebus, memanggang, atau mengukus sayuran hijau dapat membantu melepaskan antioksidan. Antioksidan ini sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh inflamasi kronis.


2. Brokoli


Setiap 100 gram brokoli mengandung 89 mg vitamin C, alias dapat memenuhi 99 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Satu setengah cangkir berisi brokoli yang sudah dimasak menyediakan 51 mg vitamin C, atau setara dengan 57 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Ada banyak studi yang menunjukkan kemungkinan hubungan antara mengonsumsi banyak sayuran kaya vitamin C dengan tingkat stres yang menurun, imunitas yang membaik, dan risiko kanker serta penyakit jantung yang menurun.


3. Kangkung


Sayuran yang berdaun panjang ini tentu merupakan salah satu sayuran yang disukai masyarakat Indonesia. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, membuatnya disukai mulai dari yang muda hingga yang tua. Terlebih lagi bila Anda mengetahui bahwa kangkung mengandung banyak sekali vitamin C. Secangkir kangkung mengandung 80,4 mg vitamin C. Tak hanya itu, sayuran ini juga tinggi akan vitamin A, vitamin K, mineral, dan asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.


4. Kembang Kol


Teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak menjadikan kembang kol sebagai salah satu sayuran yang disenangi banyak orang. Tidak hanya itu, ternyata sayuran ini juga mengandung banyak sekali vitamin C. Satu cangkir berisi kembang kol yang sudah dicincang mengandung 50 mg vitamin C. Selain itu, kembang kol juga kaya akan serat, kalsium, potasium, folat, vitamin K, dan antioksidan.




5. Kacang Kapri


Kacang kapri mungkin terlihat kecil, meskipun begitu setiap 100 gramnya mengandung 60 mg vitamin C yang setara dengan 67 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian. Tak hanya itu, sayuran ini juga menyediakan cukup serat bagi Anda. Serat sangat membantu untuk menjaga pencernaan tetap sehat, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, serta menurunkan risiko obesitas.


6. Kubis

Memiliki aroma dan rasa yang khas, kubis juga dapat membantu pemenuhan kebutuhan vitamin CĀ Anda, Moms. Satu cangkir berisi kubis mentah mengandung sekitar 30 mg vitamin C, sedangkan satu cangkir berisi kubis yang sudah dimasak mengandung hampir 60 mg vitamin C. Selain itu, kubis juga mengandung banyak mineral, vitamin K, serat, dan dapat berperan sebagai antioksidan.


7. Brussel Sprout

Sayuran ini mengandung 85 mg vitamin C setiap 100 gramnya. Satu setengah cangkir berisi brussel sprout yang sudah dikukus menyediakan 49 mg, atau setara dengan 54 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, sayuran yang sering disebut kubis Brussel ini juga kaya akan serat, vitamin K, folat, vitamin A, dan mineral. melansir Healthline, sebuah studi di tahun 2018 menemukan bahwa konsumsi harian vitamin C yag tinggi berkaitan dengan 26 persen risiko patah tulang pinggul dan 33 persen risiko osteoporosis yang menurun.


8. Bayam


Siapa yang tak suka sayur bayam? Bahkan tokoh kartun Popeye saja menyukainya dan menjadikannya 'obat' untuk membantu mengoptimalkan kemampuan tubuhnya. Manfaat sayur bayam ini ternyata tak hanya fiksi kisah kartun semata, karena setiap 100 gram bayam mampu memenuhi 34 persen rekomendasi kebutuhan vitamin C harian. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung vitamin A, vitamin K, mineral, serat, dan protein yang baik bagi tubuh Anda. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   sayur,   vitamin c










Cover April 2020