Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Ikan Tuna untuk Anak

5 Manfaat Ikan Tuna untuk Anak

Sebagaimana diketahui, ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh Si Kecil. Terdapat banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi, salah satunya adalah ikan tuna.

Ikan tuna mengandung banyak protein, asam lemak omega-3 serta berbagai vitamin dan mineral lainnya. Semua kandungan baik tersebut sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat ikan tuna untuk anak Anda, Moms.




1.  Menjaga Otot Bayi Tetap Kuat

Ikan tuna kaya akan kandungan protein seperti telur dan daging. Protein ini berguna untuk menjaga otot bayi agar tetap kuat. Tak hanya itu, kandungan protein dalam ikan tuna juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, kuku, dan rambut anak Anda. Tuna dianggap sebagai sumber vitamin D yang bermanfaat untuk penyerapan kalsium dan diperlukan untuk melakukan berbagai fungsi lain seperti pengaturan proses neuromuskuler.


2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat sistem imun sangat diperlukan oleh tubuh Si Kecil untuk melawan segala jenis penyakit dan infeksi, sehingga ia terhindar dari berbagai penyakit. Ikan tuna dinilai mampu untuk meningkatkan sistem imun Si Kecil. Ini karena kandungan selenium yang terdapat di dalamnya mampu bertindak sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. 


3. Mencegah Obesitas Pada Bayi

Selain mengatur pola makan yang tepat, Anda juga bisa mencegah obesitas pada bayi dengan memberikannya ikan tuna. Ini karena asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan tuna dikenal mampu mengurangi risiko obesitas pada bayi. Selain itu, kandungan ini juga mampu merangsang hormon leptin yang berperan untuk menjaga metabolisme tubuh Si Kecil. 




4. Memberi Energi

Memiliki anak yang tumbuh aktif, energik, dan sehat adalah dambaan setiap orang tua. Setuju kan, Moms? Perlu Anda ketahui, tidak hanya kandungan-kandungan baik yang telah disebutkan sebelumnya, ikan tuna juga mengandung vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat bagi kesehatan anak Anda. vitamin ini berperan untuk memperbaiki metabolisme dan meningkatkan efisiensi sistem organ, sehingga energi tubuh dapat lebih meningkat. 


5. Memelihara Jumlah Sel Darah Merah

Ikan tuna mengandung vitamin B yang dapat membantu membangun dan memelihara sel darah merah pada tubuh.

Perlu diingat ya Moms, meskipun ikan tuna mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Si Kecil, namun Anda harus memperhatikan takaran konsumsi ikan tuna untuk anak-anak. Ini karena ikan tuna mengandung merkuri yang justru berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Tidak semua ikan tuna mengandung merkuri yang tinggi. Jenis ikan tuna dan besaran tubuh dapat memengaruhi banyaknya kandungan merkuri. 

Anda tetap dapat memberikan ikan tuna untuk Si Kecil, namun harus memperhatikan takarannya. Anak-anak berusia di bawah 7 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi ikan tuna lebih dari 50 gram per minggu. Sementara anak-anak berusia 8 tahun ke atas tidak dianjurkan mengonsumsi ikan tuna lebih 75 gram per mingggu. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   ikan tuna,   anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020