Mother&Baby Indonesia
Berkreasi MPASI Homemade untuk Si Kecil

Berkreasi MPASI Homemade untuk Si Kecil

Menyiapkan MPASI untuk anak bukan perkara mudah ya, Moms. Terutama saat masa awal pemberian makanan pendamping ini, Si Kecil cukup susah untuk berpindah dari tekstur susu yang cair ke tekstur makanan padat.

Selain kesulitan dalam pemberian MPASI, beberapa ibu juga masih sering keliru dengan seberapa banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh anak dari MPASI yang ia makan. Untuk membantu Moms, dr. Margareta Komalasari, Sp.A dari Brawijaya Hospital Antasari menjelaskan lebih detail.

“MPASI harus mengandung kebutuhan kalori dan zat gizi untuk melengkapi ASI. Selain itu, teksturnya juga perlu disesuaikan dengan usia anak. Sebab, MPASI sendiri memiliki peran yang penting untuk mendukung belajar makan bayi dan pengembangan kebiasaan makan sehat,” ungkap dr. Margareta pada acara Kreasi MPASI Homemade Cerelac Risenutri (15/2).



Zat gizi yang harus terkandung dalam MPASI Si Kecil di antaranya adalah karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai mikronutrien. Zat besi juga menjadi salah satu mikronutrien yang penting bagi tumbuh kembang anak, khususnya untuk perkembangan otak serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Apabila anak kekurangan zat besi, maka ia berisiko mengalami anemia defisiensi besi. Efeknya, kecerdasan anak berkurang, Si Kecil sulit mengatur emosi, hingga menimbulkan masalah pada kesehatan mental, serta mudah sakit karena daya tahan tubuhnya menurun.

“Untuk itu, Moms perlu menyiapkan minimal 10,8 miligram zat besi per hari untuk dikonsumsi bayi sejak usia 6 bulan. Hal ini bisa didapatkan dengan memberikan setidaknya 400 gram daging. Sayangnya, perut bayi yang masih sebesar kepalan tangan orang dewasa tentu tidak mudah untuk dapat menampung asupan bahan makanan sebanyak itu,” tambah dokter yang juga disapa dr. Eta ini.


Kreasikan MPASI Homemade


Memberikan makanan pendamping ASI untuk setiap anak juga berbeda-beda. Hal ini dirasakan oleh Frances Jaclyn Halim, influencer mom yang juga bekerja sebagai General Manager Marketing salah satu pusat perbelanjaan ternama di Jakarta Selatan.

“Saya memiliki anak laki-laki kembar. Yang satu memiliki alergi laktosa sehingga harus menghindari makanan olahan susu. Sedangkan satunya lagi suka pilih-pilih makanan. Jadi mau tidak mau, saya harus menyiapkan MPASI yang berbeda tapi harus mencukupi nutrisi dan gizi keduanya,” cerita Jaclyn.

Untuk menjawab semua kesulitan Mom Jaclyn dan Moms lainnya, kini hadir bubur polos Cerelac Risenutri yang dilengkapi dengan zat besi, 10 vitamin, 6 mineral, omega 3, dan omega 6 sebagai pasangan MPASI Homemade Moms.

Intan Nurmala Ekowati, Vice President Category Marketing Manager Baby Food PT Nestlé Indonesia, menjelaskan, “Kami telah melakukan survei pada ibu-ibu yang sedang memberikan MPASI, bahwa mereka mengalami kesulitan untuk membuat bubur dasar dengan tekstur yang pas, terkadang terlalu encer atau terlalu kental. Oleh karena itu, untuk mendukung para ibu dalam menyediakan MPASI homemade yang bergizi untuk Si Kecil, Nestlé Cerelac menghadirkan pasangan MPASI homemade, bubur polos Cerelac Risenutri.”

Intan menambahkan bahwa Cerelac Risenutri disebut sebagai pasangan MPASI homemade, karena selain telah dilengkapi dengan berbagai zat gizi, juga mudah dikreasikan dengan berbagai bahan makanan sesuai dengan resep kreasi Anda, sehingga dapat mendukung tumbuh kembang optimal Si Kecil.

Tak hanya praktis, Cerelac Risenutri juga sangat mudah dibuat karena hanya perlu dilarutkan dengan air atau kaldu hangat, lalu campurkan dengan kreasi resep Moms. Dengan begitu, Moms dan Si Kecil jadi memiliki lebih banyak bonding time daripada cooking time.


Resep Pasangan MPASI Homemade


Untuk membantu Moms mengreasikan MPASI homemade, berikut ini adalah resep dari Imelda Halim, pemilik akun Instagram @guiltdessert yang bisa Anda olah di rumah untuk Si Kecil.


Cerelac Risenutri Banana Pumpkin 

Bahan:

50 g Cerelac Risenutri

150 ml air hangat

½ Pisang ambon

¼ Labu

Cara membuat :

1. Siapkan labu, potong kotak-kotak. Lalu, kukus selama 3-5 menit.

2. Setelah labu matang, angkat dan sisihkan.

3. Siapkan pisang ambon, potong kotak-kotak.



4. Tuangkan air hangat ke dalam mangkuk, kemudian masukkan Cerelac Risenutri. Aduk hingga bubur menjadi lembut.

5. Kreasikan bubur dengan memberikan topping labu dan pisang di atasnya (sebagai topping).

6. Sajikan selagi hangat.

PS: Sesuaikan tekstur bubur dan topping dengan kemampuan makan dan mengunyah bayi. Moms bisa tambahkan susu secukupnya, kemudian campur dengan pisang dan labu.


Cerelac Risenutri Ayam Jagung Manis Kembang Kol

Bahan:

50 g Cerelac Risenutri

150 ml kaldu ayam hangat

1 Cup jagung manis

1 Cup kembang kol

¼ Daging ayam kampung

¼ Bawang bombay

¼ Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

Cara membuat :

1. Siapkan jagung manis dan kembang kol, rebus selama 10 menit.

2. Setelah matang, angkat dan cincang halus.

3. Siapkan daging ayam yang sudah digiling. Kukus selama 20 menit.

4. Panaskan wajan, masukkan unsalted butter/Extra Virgin Olive Oil. Tumis bawang bombay yg telah dicincang halus sampai wangi.

5. Masukkan daging ayam, jagung manis dan kembang kol yang sudah matang, lalu aduk rata dan tumis sampai matang.

6. Tuangkan kaldu ayam hangat ke dalam mangkuk. Masukkan Cerelac Risenutri, aduk sampai bubur menjadi lembut.

7. Kreasikan bubur dengan menambahkan daging ayam, jagung manis, dan kembang kol di atasnya.

8. Sajikan selagi hangat.

PS: Untuk bayi di atas 6 bulan, sesuaikan tekstur topping dengan kemampuan mengunyah Si Kecil. Moms bisa tambahkan kaldu secukupnya dan campur dengan jagung manis, kembang kol, serta daging ayam yang sudah di tumis.

(Vonia Lucky/SW/Dok. M&B)



Tags: nutrisi,   bayi,   balita,   anak,   mpasi,   mpasi homemade,   cerelac risenutri










Cover Mei-Juni-Juli 2020