Mother&Baby Indonesia
5 Makanan yang ditakuti Virus

5 Makanan yang ditakuti Virus

Selain melakukan social distancing, masyarakat Indonesia juga diharapkan bisa memperhatikan asupan gizi agar dapat menjaga daya tahan tubuh di saat menghadapi pandemi Corona yang kasusnya kian hari kian bertambah.

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Puteri Aisyaffa, meski secara alami tubuh manusia sudah memiliki sistem imun yang bertugas untuk mendeteksi dan mengeliminasi pathogen seperti virus yang masuk ke dalam tubuh, sistem imun ini tentunya harus didukung melalui asupan makanan sehat yang seimbang.

Untuk memenuhi asupan makanan sehat yang dapat membangun daya tahan tubuh dan membuat virus ‘takut’ untuk bersemayam dalam tubuh kita, berikut rekomendasi makanan-makanan sehat yang bisa Anda konsumsi, Moms.




Jambu Biji

Dibandingkan dengan buah-buahan lain, jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, vitamin C memegang peranan penting sebagai antioksidan dan juga booster untuk sistem kekebalan dalam tubuh. Aisya menyarankan untuk mengonsumsi buah ini tanpa diproses terlebih dulu (dimakan mentah), supaya kandungan vitamin di dalamnya tetap terjaga dan tidak berkurang.


Kacang-Kacangan dan Daging

Dua macam bahan makanan ini mengandung zinc yang tinggi. Seperti halnya vitamin C, zinc memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem imunitas. Daging merah, ikan, dan telur termasuk sumber makanan yang memiliki zinc yang tinggi. Jangan lupa mengolahnya sampai matang, jangan dikonsumsi mentah atau setengah matang (supaya bakteri maupun virusnya bisa mati saat proses pemasakan). Kacang merah, kacang tanah, kacang mete, dan almond juga tinggi dengan kandungan mineral ini.




Kaldu Tulang

Bahan makanan ini penuh dengan kandungan L-Glutamine (asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa diperoleh dari makanan) yang bagus untuk perbaikan sel, termasuk dinding saluran usus. Aisya mengatakan bahwa usus yang sehat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat.


Jamur

Jamur merupakan sumber beta glucans yang tinggi. Zat ini adalah nutrisi alami yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Aisya mengatakan fungsi zat ini adalah untuk memastikan sel tubuh siap untuk tindakan melawan infeksi.


Jahe

Makanan sederhana ini sempat langka di pasaran ketika minuman empon-empon naik daun untuk salah satu solusi menghadapi COVID-19. Secara umum, Aisya menjabarkan jahe memang dapat meningkatkan sistem imum melalui kandungan zinc dan zat besinya. Dari beberapa penelitian, sumber makanan ini dapat merangsang respons defensif pada pernapasan atas dan mukosa atas, sehingga membantu menangkis infeksi.

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, untuk memaksimalkan asupan nutrisi harian Anda, Moms juga bisa mengonsumsi multivitamin seperti YOUVIT yang lengkap dengan 10 vitamin dan 2 mineral penting. Jangan lupa pula untuk melakukan olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup ya, Moms! (Vonda Nabilla/SW/Dok.Freepik)



Tags: virus corona,   covid-19,   kesehatan,   makanan










Cover Mei-Juni-Juli 2020