Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

Moms, apakah Anda termasuk orang yang selalu minum teh di pagi hari? Jika ya, bagus untuk Anda! Dilansir dari laman Huffington Post, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum teh sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit, salah satunya kanker.

Tahukah Anda, kalau tidak hanya kopi yang mengandung kafein, tetapi juga teh meskipun dalam jumlah yang sedikit, kecuali matcha. Walaupun demikian, jumlah kafein yang terkandung dalam teh cukup untuk memberikan energi di pagi hari sebelum beraktivitas.

Karena kandungan kafeinnya yang sedikit, teh menjadi pilihan alternatif untuk Anda yang sensitif terhadap kafein atau Anda yang sedang mencoba mengurangi kafein setiap harinya. Berikut ini 6 manfaat minum teh buat kesehatan yang wajib Anda ketahui!




1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Rutin minum teh dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu mengontrol tekanan darah, sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan flavonoid dalam teh juga mampu melindungi organ vital tubuh serta mencegah kerusakan sel.


2. Mencegah Kanker

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut EGCG (Epigallocatechin Gallate). Kandungan ini dipercaya mampu mencegah penyebaran sel kanker dan mengurangi pertumbuhan tumor. Selain itu, kandungan flavonoid dalam teh hitam juga dipercaya mampu mencegah penyakit kanker!


3. Mengurangi Risiko Diabetes

Bagi penderita diabetes, kandungan flavonoid dalam teh dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat membantu menjaga resistensi insulin.




4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebagaimana diketahui, teh hitam mengandung polifenol yang dianggap mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan mengontrol pertumbuhan bakteri baik. Sifat antimikrobanya juga dapat membunuh zat berbahaya di dalam usus, sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda.


5. Menghidrasi Tubuh

Rutin minum teh juga dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Teh hitam dipercaya dapat membantu proses hidrasi di dalam tubuh dengan baik. Konsumsi teh hitam tanpa tambahan gula agar dapat membuat tubuh Anda terhidrasi dengan secara maksimal.


6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh bisa menjadi minuman yang rendah kalori jika tidak dicampur dengan gula, susu, atau pemanis buatan lainnya. Konsumsi teh dengan cara ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil serta membantu mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   teh,   minum teh,   manfaat minum teh








Cover Maret 2020