Mother&Baby Indonesia
Rempah & Bahan Alami untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Rempah & Bahan Alami untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan rempah. Sejak dulu juga bangsa kita sudah akrab dengan penggunaan rempah dan bahan alami tradisional lainnya, selain sebagai penyedap masakan, juga untuk mendapatkan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Tradisi dan kebiasaan tersebut masih terus dilakukan hingga kini.

Ya, mengonsumsi rempah dan bahan alami sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Apalagi di saat sekarang ini, menjaga daya tahan tubuh sangat penting dilakukan. Dan salah satu caranya, Moms bisa mengonsumsi rempah dan bahan alami. Apa saja itu dan apa manfaatnya? Simak ya, Moms!




1. Jahe Merah

Jahe memang sudah lama terkenal memiliki khasiat untuk kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh, karena kandungannya mampu berperan untuk meredakan nyeri dan radang serta proses detoksifikasi.

Salah satu jenis jahe terbaik untuk Anda konsumsi adalah jahe merah. Jenis jahe ini mengandung antioksidan yang tinggi dan berkhasiat dalam mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Jahe merah juga bisa berperan sebagai anti-inflamasi guna memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengonsumsinya, Moms bisa rebus beberapa ruas jahe dan minum air rebusannya. Anda juga bisa tambahkan dengan lemon dan madu untuk memperkaya rasa.


2. Kunyit

Kunyit terkenal dengan ciri khasnya yang berwarna kuning, berasal dari dari bahan aktif curcumin. Salah satu fungsi curcumin adalah sebagai antioksidan, analgetik, dan anti-inflamasi. Zat ini mampu menghambat enzim pemicu peradangan dalam tubuh.

Mengonsumsi kunyit juga dapat menimbulkan dampak positif, yaitu mampu menurunkan resistensi insulin, menekan kadar gula dan kolesterol dalam darah, hingga mengurangi potensi gangguan metabolisme tubuh.

Biasanya, kunyit dikonsumsi dengan cara diracik dan ditambahkan dengan asam jawa. Minuman ini memiliki khasiat yang beragam, salah satu yang terkenal di kalangan wanita adalah melancarkan haid saat masa menstruasi.




3. Temulawak

Temulawak memang tidak sepopuler jahe dan kunyit, karena memang jarang dipakai. Selama ini, Moms mungkin hanya tahu bahwa temulawak berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Padahal, ada banyak manfaat lainnya dari tanaman herbal ini.

Temulawak mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti curcumin, turmerol, borneol, phleandren, dan masih banyak lainnya. Beberapa khasiat dari temulawak antara lain adalah memperlancar proses pencernaan, mengatasi peradangan, membantu proses metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol, meningkatkan stamina, dan sebagai antioksidan.

Moms bisa mengonsumsi temulawak dengan cara merebusnya dengan air bersama jahe dan gula aren hingga mendidih. Setelah itu saring air rebusannya dan siap diminum. Tambahkan perasan jeruk nipis atau daun mint untuk memperkaya rasa.


4. Serai

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Agriculture and Food Chemistry, disebutkan bahwa serai memiliki kandungan sejumlah antioksidan yang baik bagi tubuh, yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Kandungan antioksidan ini penting bagi daya tahan tubuh karena berperan melawan radikal bebas.

Serai juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, seperti menurunkan kolesterol, meningkatkan jumlah sel darah merah, mengurangi risiko kanker, serta menyehatkan pencernaan.

Serai punya aroma mirip lemon, namun rasanya lebih lembut dan manis. Untuk mengonsumsinya, Moms bisa memotong serai, rebus dengan air hingga mendidih, setelah itu minum air rebusannya. Anda juga bisa membuat teh serai dengan mencelupkan kantong teh dengan serai kering untuk lebih praktis. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   rempah,   bahan alami,   daya tahan tubuh,   jahe merah,   kunyit,   temulawak,   serai










Cover Mei-Juni-Juli 2020