Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Berenang saat Wabah Virus Corona Menyebar?

Bolehkah Berenang saat Wabah Virus Corona Menyebar?

Istilah social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona telah diubah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi physical distancing. Artinya, bukan interaksi sosial yang dibatasi, tetapi mengurangi sentuhan fisik dengan memberlakukan jarak, setidaknya 1 meter.

Hal ini pun berpengaruh pada aktivitas fisik, terutama saat berolahraga. Sebab kemungkinan saat melakukan olahraga, Anda atau orang lain tanpa sadar menyentuh area hidung atau mulut dengan tangan atau handuk yang digunakan.

Karena hal tersebut, beberapa pusat kebugaran dan lokasi yang biasa dimanfaatkan untuk berolahraga pun ditutup sementara. Meski begitu, Anda tetap diminta untuk aktif bergerak agar daya tahan dan imunitas tubuh tetap terjaga dan sehat di tengah wabah COVID-19.




Larangan Berenang


Berenang menjadi salah satu olahraga yang sepertinya harus Anda hindari selama pandemi virus corona masih berlangsung. Pasalnya, penyebaran virus ini terjadi melalui tetesan cairan, yang terpercik dari orang yang positif memiliki virus ini saat batuk, bersin, atau meludah.

Kondisi yang bisa menularkan virus ini pun bisa terjadi ketika berenang. Apalagi, air di dalam kolam bisa mengenai atau masuk langsung ke area mulut, hidung, dan mata. Maka, sangat disarankan untuk tidak berenang, terutama di kolam renang umum.




Agar Tetap Aman saat Berenang

Dilansir dari Women’s Health, Kelompok Penasihat dan Perawatan Air Kolam (PWTAG) menyebutkan bahwa beberapa ahli kesehatan umumnya membolehkan kegiatan berenang pada saat ini. Sebab, air dan klorin di dalam kolam renang akan membantu membunuh virus-virus.

Meski begitu, tetap ada aturan yang perlu Anda lakukan ketika ingin berenang. Menurut PWTAG, sebelum berenang pengunjung dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Kemudian setelah berenang, mereka diminta untuk segera mandi kembali.

WHO juga merekomendasikan agar tingkat klorinasi setidaknya 15 mg/liter. Takaran ini cukup untuk membunuh virus polio, rotavirus dan virus coxsackie. Sedangkan untuk COVID-19, dibutuhkan jumlah klorin yang lebih banyak dalam kolam tersebut.

Walaupun berenang masih diperbolehkan, sebaiknya Anda tidak melakukannya terlebih dulu, apalagi jika mengajak Si Kecil untuk ikut ke kolam renang bersama Anda. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membantu pemerintah memutus penyebaran virus corona dan melindungi keluarga dari paparan virus tersebut. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: olahraga,   berenang,   virus corona,   covid-19










Cover Mei-Juni-Juli 2020