Mother&Baby Indonesia
9 Cara Mencukur Miss V dengan Aman

9 Cara Mencukur Miss V dengan Aman

Bicara soal mencukur miss V memang sangat personal. Ada yang lebih suka mencukur habis rambut kemaluan dengan cara waxing, namun banyak juga yang lebih suka memotongnya agar sekadar lebih pendek. Ada yang lebih suka memotong rambut kemaluan setiap hari, namun ada juga yang membiarkannya begitu saja. Bagaimana dengan Anda, Moms?

Bagaimana pun preferensi Anda, tidak ada yang salah, karena menurut organisasi Center for Young Women’s Health, ternyata mencukur habis miss V pun tidak ada kelebihannya bagi kesehatan. Namun jika Anda ingin mencukur miss V, harus dilakukan dengan aman dan tepat ya, Moms. Jangan sampai miss V tergores, iritasi, atau bahkan terjadi infeksi kulit. Bagaimana cara mencukur miss V yang aman? Read on!




1. Siapkan Kaca


Untuk memastikan Anda mencukur bulu kemaluan dengan tepat, pastikan Moms sudah menyediakan kaca tangan atau hand mirror agar Anda bisa melihat dengan jelas area yang akan dicukur.


2. Potong Sebelum Cukur


Sebelum mencukur dengan pisau cukur, sebaiknya potong dulu bulu kemaluan dengan gunting tajam yang sudah disterilkan. Potong sependek dan sebanyak mungkin, agar proses mencukur dengan pisau cukur semakin mudah dan bersih.


3. Berendam Air Hangat


Untuk melembutkan kulit dan rambut kemaluan, Anda bisa berendam air hangat sebentar sebelum mencukur miss V. Tidak perlu lama-lama, berendam 5-10 menit saja juga sudah cukup kok, Moms.


4. Oleskan Krim Cukur


Pilih krim cukur, shaving cream, shaving gel, atau semacamnya yang sudah diformulasikan khusus untuk wanita. Sekarang produk semacam ini sudah mudah ditemukan di berbagai toko kecantikan maupun online shop kok, Moms.


5. Pisau Cukur Baru




Untuk mencegah iritasi dan infeksi, maka pastikan pisau cukur Anda selalu baru dan higienis ya, Moms. Menggunakan pisau cukur lama atau berulang-ulang bisa menimbulkan rasa perih dan gatal, lho.


6. Eksekusi yang Tepat


Saat mulai mencukur, gunakan satu tangan untuk merenggangkan kulit, dan satu tangan lainnya untuk mencukur miss V. Jangan terlalu menekannya karena bisa menyebabkan kulit tergores.


7. Cukur Searah Tumbuhnya Rambut


Jangan asal mencukur miss V, karena Moms harus mencukurnya searah tumbuhnya rambut. Terkesan sepele, tapi penting banget, karena cara ini mencegah timbuhnya in grown hair atau rambut baru tumbuh ke arah dalam. Gatal dan enggak rapi kan, Moms.


8. Bilas dengan Air Hangat


Setelah mencukur bersih, kini waktunya Moms bilas miss V dengan air hangat, karena setelah dicukur miss V jadi lebih sensitif dan mudah iritasi. 


9. Oleskan Aloe Vera


Jika tidak ada, oleskan dengan baby oil juga bisa dilakukan. Fungsinya untuk mendinginkan kulit yang memerah setelah dicukur, dan mencegah terjadi iritasi. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: miss v,   mencukur,   shaving,   kesehatan,   beauty