Mother&Baby Indonesia
Perkembangan Corona Di Indonesia dan Negara-Negara Lain

Perkembangan Corona Di Indonesia dan Negara-Negara Lain

Di Indonesia, per 16 Maret 2020, virus corona sudah menyebar ke 8 provinsi. Jumlah pasien yang positif COVID-19 sudah mencapai angka 134 orang. Sebanyak delapan orang di antaranya berhasil sembuh, sedangkan lima orang lainnya meninggal dunia.

Lantas bagaimana penyebaran virus corona di negara lain? Pasien yang meninggal di China yang notabene negara asal virus corona, sudah mencapai angka lebih dari 3 ribu jiwa. Meski begitu, saat ini infeksi COVID-19 di negara tersebut sudah menurun secara signifikan.

Dalam sepekan terakhir, China bahkan sudah menutup 16 rumah sakit sementara yang menangani pasien COVID-19 di kota Wuhan. Sebanyak 49 pasien virus corona terakhir, sudah dipulangkan sejak pekan lalu.



Sementara itu, masih ada sepuluh negara yang masih berstatus lockdown. Artinya, semua kegiatan ditiadakan. Semua penduduk diharapkan untuk berdiam di rumah dan 'mengisolasi' diri sendiri.

Saat ini, Italia tercatat sebagai salah satu negara Eropa dengan jumlah pasien COVID-19 terbanyak. Hingga 16 Maret 2020, jumlah pasien yang meninggal dunia mencapai 368 orang dalam 24 jam. Total, jumlah pasien yang meninggal di Italia berada di angka 1.809 orang.

Di Spanyol, jumlah pasien meninggal sejauh ini ada 288 orang, sedangkan di Perancis ada 120 orang. Di Inggris ada 35 orang meninggal akibat COVID-19. Sejauh ini, ada sepuluh negara yang melakukan lockdown nasional, yaitu Italia, Denmark, Irlandia, El Salvador, Polandia, Selandia Baru, Spanyol, Filipina, Lebanon, dan Perancis.




Pasien Terkenal

Sementara itu, pasien COVID-19 tak hanya berasal dari masyarakat biasa. Sejumlah tokoh terkenal atau politikus juga ikut terjangkit virus yang disinyalir berasal dari kota Wuhan tersebut. Di Indonesia, Budi Karya Sumadi yang menjabat sebagai menteri perhubungan juga dinyatakan positif COVID-19. Di Australia, Peter Dutton selaku menteri dalam negeri mengalami hal yang sama.

Dari dunia hiburan, aktor Tom Hanks dan istrinya mengumumkan kabar bahwa mereka mengidap virus corona. Keduanya harus menjalani karantina di Australia. Sementara itu, dari dunia olah raga ada Mikel Arteta (manajer klub sepakbola Arsenal), Ezekiel Garay (pesepakbola dari Klub Valencia), serta Rudy Gobert dan Donovan Mitchell (keduanya pebasket dari Klub Utah Jazz) yang juga terjangkit virus COVID-19.


Ketetapan WHO

Banyaknya pasien yang terinfeksi virus corona, membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Berdasarkan definisi, pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana dan meliputi daerah geografi yang luas.

So Moms, jangan anggap remeh COVID-19. Jaga keluarga Anda dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Jangan pula meninggalkan rumah jika memang tidak diperlukan. Di sisi lain, Anda juga tidak perlu panik berlebihan. Cukup tingkatkan kewaspadaan dan jaga selalu kesehatan, Moms! (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   virus corona,   covid-19,   lockdown,   epidemi








Cover Maret 2020