Mother&Baby Indonesia
Moms, Ketahui Cara Mudah Kencangkan Payudara

Moms, Ketahui Cara Mudah Kencangkan Payudara

Payudara bisa mengendur karena banyak faktor,seperti penuaan dan penurunan berat badan. Untungnya, olahraga bisa membantu mengencangkan payudara kembali. Jenis olahraga yang dapat membantu mengencangkan payudara adalah mendayung, berenang, latihan angkat beban ringan menggunakan dumbell, dan juga beberapa gerakan yoga.


Senam untuk Mengencangkan Payudara

Selain itu, ada juga gerakan senam sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan payudara. Pertama adalah gerakan push up yang sangat sederhana tetapi efektif mengencangkan otot dada sekaligus lengan. Gerakan ini diawali dengan tengkurap di atas matras, tangan menapak ke lantai atau matras. Dorong badan bagian atas, lalu turun lagi dan ulangi sebanyak 10-12 kali. Sebagai variasi, gunakan kursi sebagai pegangan. 



Senam payudara juga bisa Anda lakukan untuk mengencangkan payudara Anda. Ada tiga langkah yang bisa Moms perhatikan ketika melakukan gerakan senam ini, yaitu:

1. Pertemukan telapak tangan di depan belahan payudara Anda, berdiri denga posisi tegak dan lakukan gerakan saling menekan dengan kedua telapak tangan, tahan selama 5 detik. Ulangi gerakan tersebut 10 kali.

2. Cengkeram siku kanan dengan telapak tangan kiri, dan siku kiri dengan telapak tangan kanan, dengan posisi siku sejajar bahu. Tarik ke dua arah (ke dalam dan ke luar), jangan sampai terlepas.



3. Kaitkan jemari tangan kanan dan kiri Anda di bawah dagu (seperti posisi berdoa), kemudian tarik kedua tangan Anda ke arah yang berlawanan. Tahan selama lima menit.


Tips Menjaga Payudara Tetap Kencang

Tak hanya dengan berolahraga, Moms juga bisa menjaga payudara agar tetap kencang dan memiliki bentuk yang ideal dengan memilih bra yang tepat. Caranya, sesuaikan dengan ukuran payudara Anda, terutama ketika masa menyusui, sebab pada masa ini payudara akan terasa lebih besar dan membulat karena ada susu di dalamnya. Jangan memilih bra yang terlalu ketat agar payudara tak merasa sakit, serta dapat mencegah terjadinya rembes ASI.

Moms juga bisa mengonsumsi makanan sehat seperti buah pepaya untuk membantu mengencangkan payudara Anda. Enzim yang terkandung dalam pepaya mengandung vitamin A dan hormon pengencang yang mampu merangsang produksi hormon wanita (estrogen, progesteron, dan prolaktin). Jadi, Moms bisa tetap sehat, bugar, dengan bentuk tubuh ideal tentunya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   payudara,   ibu,   mengencangkan payudara