Mother&Baby Indonesia
Waspada, Dua WNI Dilaporkan Positif Virus Corona!

Waspada, Dua WNI Dilaporkan Positif Virus Corona!

Virus corona terdeteksi di Indonesia. Senin (2/3/2020), Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua warga negara Indonesia yang terjangkit virus corona atau COVID-19.

Adalah seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya yang berusia 31 tahun asal Depok, yang positif mengidap Corona. Saat ini, keduanya sudah mendapat perawatan khusus di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

Disinyalir, kedua wanita tersebut terinfeksi virus corona setelah melakukan kontak dengan seorang warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Warga Jepang tersebut terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Tim Kemenkes pun segera melakukan penelusuran guna mengetahui siapa saja orang yang pernah melakukan kontak dengan warga Jepang tersebut.



“Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelurusi dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Dicek dan tadi pagi saya mendapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” jelas Presiden Jokowi seperti dilansir Kompas.com.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menambahkan bahwa warga Jepang tersebut merupakan teman dekat dari ibu dan anak warga negara Indonesia. Mereka bertemu di rumah sang ibu yang berada kawasan Depok. Hingga kini, rumah ibu tersebut masih diisolasi.

“Keadaan umum pasien yang dirawat saat ini baik-baik saja. Pasien sadar penuh, keluhan panas tidak ada, batuk berkurang, dan tidak sesak napak,” kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril.


Pengunjung Indonesia

Sementara itu, laman The Jakarta Post melansir kabar bahwa tiga orang yang terdiri dari dua warga negara Singapura dan satu warga negara Myanmar, juga positif terinfeksi virus COVID-19. Ketiga orang tersebut dikabarkan terdeteksi menderita corona setelah bepergian ke Batam, Kepulauan Riau.

Kemenkes masih melakukan penelusuran siapa saja yang melakukan kontak dengan ketiga warga negara asing tersebut. Sejauh ini, setidaknya ada empat pasien asal China, Jepang, Selandia Baru, dan Malaysia, yang terdeteksi positif corona tak lama setelah berkunjung atau singgah ke Indonesia.




Tetap Waspada

Kasus corona diketahui berawal dari kota Wuhan, China. Menurut pihak berwenang di China, kasus pertama corona diketahui pada 31 Desember 2019. Infeksi yang gejalanya mirip dengan pneumonia ini diyakini berasal dari pasar hewan dan ikan laut di Wuhan, Provinsi Hubei. Data statistik yang dikumpulkan oleh John Hopkins University di Amerika Serikat, menunjukkan hampir 82 persen dari sekitar 75 ribu kasus virus corona berasal dari kawasan ini.

Namun kabar tersebut dibantah oleh ilmuwan China. Seorang dokter asal China menyebutkan bahwa pasien-pasien awal yang diketahui mengidap corona justru tinggal jauh dari pasar hewan dan tidak pernah berkunjung ke tempat tersebut.

Terlepas dari asalnya, Moms perlu selalu waspada. Virus corona akan menyebabkan gejala-gejala sebagai berikut:

• Demam

• Batuk pilek dan adanya gangguan pernapasan

• Sakit tenggorokan

• Lesu

Jika Anda atau ada anggota keluarga yang menunjukkan tanda-tanda tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Gunakan masker jika diperlukan. Jangan lupa untuk lebih sering mencuci tangan dan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi baik. Stay safe ya, Moms. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: virus corona,   covid-19










Cover Mei-Juni-Juli 2020