Mother&Baby Indonesia
Begini Cara Mengedukasi Anak tentang Virus Corona

Begini Cara Mengedukasi Anak tentang Virus Corona

Mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemerintah RI telah menginstruksikan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan guna menghindari ancaman COVID-19, antara lain dengan menerapkan social distancing, yaitu bekerja dari rumah dan belajar di rumah. Cara ini ditempuh untuk meminimalisir penyebaran virus dengan tidak terlalu banyak melakukan interaksi di tempat umum.

Ya, penyebaran virus corona memang membuat banyak orang khawatir, bukan hanya orang dewasa, namun juga anak-anak. Nah, di situasi seperti ini, Moms dan Dads punya peran besar untuk menenangkan anggota keluarga, terutama anak. Alasannya, anak mungkin belum bisa memahami kondisi yang terjadi saat ini dengan baik. Bisa jadi, Si Kecil yang mendengar berita ini mengalami ketakutan.




Baca Juga: 4 Gejala Ringan Virus Corona yang Harus Anda Perhatikan


Edukasi Anak Tentang Corona

Sebenarnya, penting atau tidak ya, memberitahukan anak tentang corona? Jika Moms dan Dads mesti memberi penjelasan pada anak, dari mana harus memulai dan apakah Si Kecil akan paham dengan penjelasan dari Anda?

Tak perlu bingung, Moms. Cikal berbagi tips sederhana untuk Moms dan Dads mengenai cara mengedukasi anak tentang corona. Dikutip dari akun Instagram @sekolahcikal, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, Moms dan Dads!



1. Ajak anak berdiskusi mengenai virus corona. Tanyakan pada anak apakah ia sudah tahu tentang virus ini. Lalu beritahu mereka tentang asal virus, penyebaran, dan apa saja gejalanya.

2. Beri anak pemahaman bahwa virus corona bisa dicegah dan disembuhkan. Beritahu anak pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terkena virus ini, juga beritahu mereka kalau orang yang terkena virus bisa disembuhkan.

3. Ajak anak untuk melakukan pola hidup sehat. Terapkan pola hidup sehat dengan mencuci tangan dengan baik, makan sehat dan berolahraga, sehingga daya tahan tubuh akan lebih kuat.

4. Beri pengertian mengenai social distancing. Beri anak pengertian pentingnya social distancing, seperti kenapa tidak sekolah atau pergi ke tempat hiburan saat akhir pekan.

5. Beri contoh baik pada anak. Pada akhirnya, anak akan selalu mencontoh perilaku orang tua. Jadi, selalu berikan contoh baik, ya! (M&B/SW/Dok. Freepik, @sekolahcikal)



Tags: anak,   balita,   virus corona,   covid-19,   edukasi anak