Mother&Baby Indonesia
Permainan Seru saat Anak Harus di Rumah Karena COVID-19

Permainan Seru saat Anak Harus di Rumah Karena COVID-19

Penyebaran virus Corona atau COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan belakangan ini membuat pemerintah memutuskan untuk merumahkan semua pihak. Dampaknya, kegiatan belajar-mengajar pun dilakukan secara jarak jauh, dengan memanfaatkan internet untuk melakukannya.

Dengan risiko tersebut, anak-anak pun jadi memiliki waktu luang yang lebih banyak. Apabila tidak ada kegiatan yang baginya seru dan menyenangkan, anak, terutama balita, bisa menjadi cepat bosan. Agar Si Kecil tetap aktif meski hanya di dalam rumah, Moms bisa ciptakan permainan seru, seperti berikut ini:




1. Baca dan Perankan

Membiasakan anak untuk membaca buku tentu bagus untuk menambah perbendaharaan katanya. Moms bisa mengambil buku cerita kesukaannya, namun jangan hanya membaca seperti biasa. Anda bisa mengajak Si Kecil untuk memerankan tokoh dalam buku tersebut, dengan ekspresi dan dialog yang sesuai dengan karakter tokoh yang dimaksud.


2. Susun Bangunan


Permainan ini bisa dimainkan siapa saja, dengan bahan yang cukup sederhana. Moms bisa ajak Si Kecil untuk menata stik es krim dipaling dasar, lalu menumpuknya dengan balok atau gelas plastik. Susun setinggi mungkin, lalu jatuhkan saja hingga berantakan, kemudian susun kembali menjadi bangunan. Hal ini tak hanya melatih konsentrasi selama menyusun, tapi mengembalikan fokus anak ketika ingin menyusunnya kembali.


3. Memancing

Kegiatan memancing ikan memang hanya bisa dilakukan di air, tapi tak perlu harus di sungai. Si Kecil bisa melakukannya hanya di bak mandi atau ember kering, dengan ikan yang telah Anda buat. Caranya, gambar pola ikan di kertas karton dan gunting. Lalu pasangkan magnet pada ikan kertas dan ujung kail pada sebuah tongkat kecil. Aktivitas ini tak hanya menyenangkan, tapi juga mengenalkan anak tentang ilmu gaya tarik magnet serta melatih kesabarannya, lho!




4. Flash Card

Alat belajar saat ini tak hanya dari buku, tetapi juga bisa berupa kartu dengan gambar ragam benda beserta namanya. Permainan yang disebut flash card ini pun sangat menyenangkan, karena mengajak Si Kecil untuk menebak nama gambar yang tertera secara cepat.

Selain dengan membolak-balikkan kartu, Moms juga bisa menempelkan kartu di papan, lalu menutupnya dengan bekas penutup tisu basah. Lalu, buka penutup dan minta Si Kecil untuk mengingat gambar di kartu. Setelah itu, tutup semua kartu dan biarkan ia menebak dimana posisi gambar yang Anda sebutkan. Hal ini tak hanya menambah kosa kata, tapi juga melatih konsentrasi dan daya ingat anak.


5. Boneka Tangan

Memerankan sebuah tokoh dalam cerita juga bisa dilakukan dengan menggunakan boneka. Moms bisa membuat boneka sendiri dari sarung tangan atau juga kaus kaki. Anda dapat mengisi bagian dalam dengan dakron secukupnya hingga membentuk badan.

Lalu, tempelkan mata, mulut, dan benang sebagai rambut untuk boneka. Ajak Si Kecil dalam menempelkan bagian tubuh tersebut dan mari dengarkan cerita bersama dengannya. Pasti seru, menyenangkan, dan balita pun tak akan bosan di rumah. Selamat mencoba, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   covid-19,   virus corona,   permainan










Cover Mei-Juni-Juli 2020