Mother&Baby Indonesia
6 Ciri Anak Tumbuh Bahagia

6 Ciri Anak Tumbuh Bahagia

Melihat Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal, tentu menjadi harapan semua orang tua, ya, Moms. Untuk itu, selain memenuhi kebutuhan gizinya, orang tua juga perlu memperhatikan kebahagiaan Si Kecil, karena kebahagiaan anak merupakan fondasi penting dalam tumbuh kembangnya.

Moms mau tahu, apa saja manfaat kebahagiaan bagi anak? Lalu, apa sih ciri-ciri anak bahagia? Ketahui faktanya di bawah ini, yuk!




Manfaat Anak Bahagia

• Mudah bersosialisasi dan bekerja sama.

• Motivasi belajar meningkat sehingga anak lebih berprestasi.

• Berpikir lebih optimis dan positif.

• Mempermudah orang tua untuk menanamkan nilai-nilai keluarga yang positif.

• Berempati dan membantu orang lain, sehingga menimbulkan perasaan bahagia.

Sangat penting untuk menjaga anak tumbuh bahagia, karena kebahagiaan tersebut tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga jangka panjang lho, Moms. Dalam jangka pendek, anak yang tidak bahagia tentu akan kekurangan motivasi belajar dan bermain, sehingga prestasinya di sekolah pun ikut turun.

Sedangkan manfaat tumbuh bahagia dalam jangka panjang adalah anak akan lebih terhindar dari obesitas, karena ia mudah bersosialisasi dan bekerja sama. Tak hanya itu, anak yang tumbuh bahagia juga lebih mudah menghadapi tantangan dan tidak mudah mengalami gangguan mental. Semua ini tentu merupakan modal yang sangat penting, agar Si Kecil kelak menjadi sosok yang cerdas secara emosional dan spiritual.


6 Ciri Anak Bahagia

Anak bahagia tidak hanya terlihat dari ekspresi tertawa namun juga ditandai dengan ciri-ciri di bawah ini:



1. Berekspresi ceria dan gestur tubuhnya positif.

2. Aktif dan bersemangat.

3. Memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.

4. Tumbuh dan berkembang sesuai tahap usia.

5. Pandai bersosialisasi dan memiliki banyak teman.

6. Pandai mengungkapkan perasaan dan empati.


Tips untuk Orang Tua agar Anak Tumbuh Bahagia

Ternyata kebahagiaan anak sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya ya, Moms. Maka untuk mendukung Si Kecil tumbuh bahagia, Moms perlu membangun sejak dini kebahagiaan tersebut. Bagaimana sih caranya? Mudah kok, Moms! Salah satunya adalah penerapan harian rutinitas sejak dini. Kemudian, jaga hubungan yang berkualitas antara orang tua dengan Si Kecil. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan nutrisi terutama yang membantu kesehatan pencernaan Si Kecil, Moms. 

Moms mungkin penasaran, kenapa pencernaan bisa mendukung Si Kecil tumbuh bahagia? Pencernaan berkomunikasi dua arah dengan otak sehingga saling mengirim sinyal positif dan juga membantu mengatur mood Si Kecil. Tidak hanya itu, 80 persen sistem imun terdapat di pencernaan sehingga pencernaan yang sehat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, dan tentu saja membantu penyerapan nutrisi dengan baik sehingga tumbuh kembang anak pun jadi optimal.

Agar anak tumbuh bahagia, mari dukung kesehatan pencernaan Si Kecil ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Lactogrow)



Tags: anak,   balita,   anak bahagia,   saluran cerna,   kesehatan








Cover Maret 2020