Mother&Baby Indonesia
5 Tips Memilih Sendok Makan Bayi di Masa Awal MPASI

5 Tips Memilih Sendok Makan Bayi di Masa Awal MPASI

Moms, bayi Anda sudah berusia 6 bulan? Jika ya, waktunya untuk mulai memperkenalkan Si Kecil dengan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). Selain memilih makanan yang tepat untuk buah hati Anda, Moms juga sebaiknya memilih peralatan makan yang tepat untuk Si Kecil agar pengalamannya mengenal makanan padat jadi menyenangkan.

Salah satu peralatan makan yang perlu diperhatikan saat mulai memberikan MPASI pada bayi Anda adalah sendok makan. Hal ini penting mengingat mulut bayi yang masih kecil dan ia juga belum bisa memegang sendok sendiri. Untuk memudahkan Moms, berikut M&B memberikan tips memilih sendok makan untuk bayi di masa awal MPASI.




1. Pilih sendok dengan bahan lembut dan antipanas

Memilih sendok dengan bahan lembut, misalnya yang terbuat dari bahan plastik, karet, ataupun silikon, sangat penting Moms lakukan, karena bahan yang lembut akan membuat bayi tetap merasa nyaman saat mulutnya bersentuhan dengan sendok. Di samping itu, sendok yang terbuat dari bahan yang lembut tidak akan berisiko mengganggu pertumbuhan gigi dan gusi Si Kecil. Sendok untuk Si Kecil juga sebaiknya terbuat dari bahan yang antipanas dan tidak mengantarkan panas, sehingga tidak akan berisiko melukai bibir serta lidah bayi Anda.


2. Pilih sendok yang memiliki ujung membulat atau tumpul

Mudah ditebak, hal ini tentunya guna menghindari bibir dan lidah Si Kecil terluka, Moms. Yang juga perlu Anda perhatikan, pilih sendok yang lentur namun kuat dan tidak mudah patah. Anda pastinya tidak mau jika saat Si Kecil makan, sendok patah dan melukai bayi Anda, kan?


3. Pilih sendok yang tidak mengandung BPA, PVC, dan phthalate

Saat bayi mulai belajar mengenal makanan padat atau MPASI, sendok akan menjadi alat makan yang langsung berhubungan dengan mulutnya. Karena itu, pastikan sendok Si Kecil terbuat dari bahan yang aman, tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, seperti bisphenol A (BPA), polyvinyl chloride (PVC), maupun phthalate. Bahan-bahan kimia tersebut sangat berbahaya jika masuk ke dalam pencernaan Si Kecil.

Untuk memastikan hal ini, saat memilih sendok makan buat Si Kecil, Moms bisa melihat secara seksama kemasan produknya atau bisa juga langsung menanyakannya pada penjual guna memastikan sendok tersebut aman untuk bayi Anda.




4. Pilih sendok yang warnanya tidak mudah luntur

Banyak sendok makan bayi kini yang didesain dengan berbagai macam bentuk dan warna-warni yang lucu serta menarik. Moms pasti langsung menyukainya dan tertarik untuk membelinya saat pertama kali melihatnya.

Namun, jangan terburu membeli sendok dengan warna-warni yang cerah dan menarik ya, Moms. Anda perlu pastikan apakah zat pewarna pada sendok tersebut mudah luntur atau mengelupas jika dicuci atau terkena sinar matahari. Jika setelah beberapa kali pemakaian sendok tersebut terlihat kusam atau catnya mengelupas, Anda sebaiknya tidak memakainya lagi untuk menyuapi Si Kecil. Tips untuk mengatasi masalah ini, pilihlah sendok makan bayi yang bertuliskan Food Grade, Food Safe, serta dinyatakan aman oleh Food and Drug Administration (FDA).


5. Pilih sendok yang ukurannya sesuai dengan usia bayi Anda

Kini tersedia banyak pilihan sendok makan untuk bayi Anda. Moms bisa memilih sendok yang sesuai dengan usia Si Kecil. Contohnya, saat bayi Anda berusia 6 bulan dan baru belajar mengenal makanan padat, Moms bisa pilih sendok makan bayi yang gagangnya cukup panjang untuk memudahkan Anda memegangnya saat menyuapi Si Kecil, serta tidak terlalu cekung sehingga makanan lebih mudah dan tidak berlebihan masuk ke mulut Si Kecil.

Saat bayi Anda sudah mulai besar dan ia mulai belajar memegang sendoknya sendiri, Moms bisa pilihkan sendok dengan gagang pendek dan agak lebar untuk memudahkan Si Kecil menggenggamnya dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya sendiri. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   sendok makan bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020