Mother&Baby Indonesia
Lakukan 5 Kegiatan Ini untuk Meningkatkan Kognitif Bayi

Lakukan 5 Kegiatan Ini untuk Meningkatkan Kognitif Bayi

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Pada tahun pertama, perkembangan otak bayi tumbuh sangat pesat. Oleh karena itu, manfaatkan tahun pertama ini untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada bayi.

Keterampilan kognitif merupakan kemampuan bayi untuk mengenal sebuah objek, menggunakan bahasa dan mengingat. Kemampuan kognitif pada bayi sangat penting untuk mengasah kreativitas, cara berpikir, belajar, berkonsentrasi, dan berhubungan dengan lingkungan sekitarnya. Untuk menstimulasi kemampuan kognitif bayi, Anda bisa melakukan 5 kegiatan berikut, Moms!




1. Membacakan Buku

(Ilustrasi membacakan buku untuk bayi. Foto: Dok. Freepik)

Meskipun bayi Anda baru lahir, mulailah biasakan untuk membacakannya buku bergambar. Bayi akan senang melihat warna-warna cerah dan pola kontras sekaligus mendengarkan suara Anda. Jika dibiasakan, kegiatan ini dapat mendorong perkembangan kognitif pada bayi Anda.


2. Berikan Mainan yang Menghasilkan Suara


(Ilustrasi bayi bermain. Foto: Dok. Joaquincorbalan / Freepik)

Kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perkembangan kognitif bayi yaitu menyediakan mainan yang menghasilkan suara yang berbeda, seperti mainan musik yang akan mengeluarkan suara saat disentuh. Bayi akan belajar bahwa memukul mainan tertentu akan menghasilkan suara yang menyenangkan. 




3. Bernyanyi


(Ilustrasi bernyanyi bersama anak. Foto: Dok. Zilvergolf / Freepik)

Nyanyikan bayi Anda sebuah lagu atau musik yang sesuai dengan usianya dan mudah diterima. Kegiatan ini dapat melatih anak mengenal suara berirama dan bisa juga menjadi sarana bonding antara Moms dan Si Kecil. 


4. Memasang Cermin di Dekat Bayi


(Ilustrasi. Foto: Dok. Liudmila.fadzeyeva / Freepik)

Tempatkan cermin yang tidak bisa dipecahkan pada tempat tidur atau meja di samping tempat tidurnya agar bayi Anda dapat melihat wajah dan gerakannya sendiri. Anda juga bisa menempatkan cermin besar menempel di dinding ruangan bermainnya, sehingga bayi Moms bisa melihat dirinya sendiri ketika sedang bermain. Biasanya, bayi akan senang melihat dirinya sendiri di kaca, meskipun sebenarnya ia belum paham bahwa yang dilihatnya di kaca adalah bayangannya sendiri. 


5. Berbicara Dengan Anak Anda


(Ilustrasi berbicara dengan anak. Foto: Dok. Pch.vector / Freepik)

Libatkan bayi Anda dalam percakapan sejak dini, meskipun bayi Anda belum mengerti sepenuhnya mengenai apa yang dibicarakan. Lakukan kontak mata dan tersenyumlah padanya saat Anda sedang berbicara dengannya. Bayi Anda akan senang mendengarkan Anda berbicara atau bercerita. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: meningkatkan kognitif bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020