Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Clodi untuk Anak

Rekomendasi Clodi untuk Anak

Bagi Moms yang memiliki bayi, popok merupakan benda yang harus ada dalam lemari Si Kecil. Banyak ibu yang memilih untuk menggunakan popok sekali pakai karena lebih praktis. 

Tapi tahukah Moms? Popok sekali pakai merupakan salah satu benda yang sulit untuk diuraikan sehingga bisa memberikan efek negatif terhadap lingkungan.

Nah, jika Moms ingin berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, Anda bisa mengganti popok sekali pakai Si Kecil dengan clodi. Clodi atau cloth diaper merupakan popok yang terbuat dari bahan kain dan bisa digunakan berulang kali setelah dicuci.



Sekilas, harga clodi mungkin terkesan lebih mahal. Akan tetapi jika dihitung dengan durasi pemakaian, maka Anda sesungguhnya bisa lebih berhemat, Moms.

Saat ini sudah cukup banyak clodi dari berbagai merek yang beredar di pasaran dengan harga yang cukup bervariasi. Dalam memilih clodi, perhatikan bahannya. Jangan sampai bahan clodi kasar dan membuat kulit bayi menjadi iritasi. Selain itu, sesuaikan clodi dengan usia bayi.

Ada beberapa jenis clodi yang dijual. Ada yang berbentuk celana, ada juga yang menggunakan kancing. Sebagian disertai insert yang bisa diganti, tapi ada juga yang tidak. Yuk, simak beberapa merek clodi yang bisa menjadi pilihan Anda untuk Si Kecil berikut ini.


1. Ecobum

Clodi tipe kain ini terbuat dari 100 persen bahan katun alami sehingga sangat lembut, tidak menyebabkan alergi, serta tidak mudah bau pesing. Anda dapat menggunakannya dengan cara dilipat sedemikian rupa menggunakan pengait seperti peniti bayi. Popok ini bisa menjadi insert apabila menggunakan cover, bisa juga dijadikan alas ompol.

Clodi jenis ini memang tidak memiliki lapisan waterproof dan harus dilipat terlebih dahulu sebelum digunakan. Meski begitu, clodi ini memiliki daya serap yang tinggi dengan daya tampung mencapai 400 ml, dan sangat mudah perawatannya. Selain itu, harganya pun sangat ekonomis. Popok ini cocok bagi Moms yang memiliki newborn dengan kulit sensitif.


2. Pempem 

Pempem merupakan clodi dengan tipe pocket yang memiliki sederet motif menarik. Ada insert atau penyerap yang dapat dimasukkan ke dalam clodi sehingga dapat menampung pipis Si Kecil. Pempem merupakan clodi lokal, tapi kualitasnya tak kalah dengan merek dari luar negeri, lho. Dengan menggunakan insert ultra-thin bamboo atau microfiber, pocket diaper dapat digunakan hingga 10 atau 12 jam. Pempem juga menggunakan 100 persen bahan kain alami, tidak mengandung gel atau dioxin yang merupakan bahan kimia berbahaya, sehingga kulit Si Kecil terhindar dari iritasi dan ruam.




3. Bebibum

Bebibum masih satu perusahaan dengan Pempem. Bedanya, Pempem merupakan clodi tipe pocket, sedangkan Bebibum merupakan tipe cover yang tidak memiliki kantong untuk memasukkan insert. Sebagai gantinya, insert clodi Bebibum langsung ditempelkan di atas permukaan inner clodi. Jadi jika insert sudah penuh tapi cover belum basah, Moms hanya perlu mengganti cover-nya saja.


4. Gee Gallery

Clodi Gee Gallery kerap disingkat dengan sebutan GG. Clodi lokal ini memiliki beberapa tipe, salah satunya tipe pocket berwarna polos dan bermotif lucu yang bisa digunakan untuk bayi newborn hingga beratnya mencapai 15 kilogram.

Clodi tipe pocket GG mudah diatur dan dilengkapi dengan velcro. Bagian dalam insert-nya berupa microfleece, sedangkan outer-nya terbuat dari bahan PUL. Untuk anak perempuan, juga tersedia clodi dengan model tutu yang tak kalah lucu.

Selain tipe pocket, GG juga menyediakan clodi yang bisa sekaligus digunakan sebagai training pants. Bagian pinggangnya dapat disesuaikan dengan kancing yang ada. Clodi jenis ini bisa digunakan untuk anak dengan berat 8-30 kilogram.


5. Cluebebe

Cluebebe juga merupakan clodi lokal yang memiliki beberapa tipe, seperti model pocket yang dilengkapi insert, tipe cover, serta pull up pants untuk anak yang sudah lebih besar dan mulai melalukan toilet training. Cloth diaper ini terbuat dari bahan premium seperti PUL (Polyurethane Laminate) dan outer 100 persen Polyester atau Velour Microfleece, dan Microfiber, yang lebih nyaman bagi Si Kecil. Seperti clodi lainnya, Cluebebe juga tampil dengan corak menarik untuk buah hati Anda.

(Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Instagram)



Tags: anak,   bayi,   popok,   clodi,   cloth diaper








Cover Maret 2020