Mother&Baby Indonesia
Penyebab Kulit Kering saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Kering saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Saat hamil, berbagai keluhan kehamilan memang wajar terjadi. Beda orang, beda pula keluhannya. Beberapa keluhan yang paling sering dirasakan adalah mual, pusing, sakit punggung, dan kulit kering. Ya, kulit bumil memang menjadi lebih sensitif dan cenderung lebih kering, Moms. Apa sih yang menyebabkan kulit kering saat hamil? Cari tahu faktanya, yuk!


Penyebab Kulit Kering pada Ibu Hamil




Pertama, tenang saja karena Anda tidak sendiri, Moms! Menurut penelitian yang dimuat di Journal of Obstetrics & Gynaecology of India, sekitar 90 persen wanita hamil mengalami perubahan pada kulit mereka. Ada yang memang sudah mengalami masalah tersebut sejak sebelum hamil, namun ada juga yang baru mengalaminya saat hamil. Apa sih penyebab kulit kering saat hamil? Ini penyebabnya:

1. Perubahan hormon

Hormon kehamilan bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan lapisan hidrolipid yang melindungi permukaan kulit Anda. Akibatnya, kulit bumil jadi kurang lembap.

2. Kebutuhan Cairan Meningkat

Selain itu tubuh Anda sedang membutuhkan lebih banyak cairan dibanding biasanya, karena itu diperlukan untuk meningkatkan volume darah dan oksigen. Nah, jika bumil tidak memenuhi kebutuhan cairan hariannya, maka risiko kulit kering pun akan meningkat.

3. Kekurangan Vitamin A

Jika pola makan bumil rendah vitamin A, maka risiko kulit kering bisa meningkat, lho. Kulit Anda juga akan terasa lebih kasar dan mungkin mengelupas. Maka konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, ya.

4. Peregangan Kulit

Saat kulit tubuh Anda meregang seiring dengan membesarnya kandungan Anda, maka kulit Anda juga akan semakin kering dan gatal. Namun ini hanya bersifat sementara kok, Moms.

5. Terlalu Sering Mandi

Bumil biasanya mudah gerah, sehingga besar kemungkinan ia akan lebih sering mandi dibanding biasanya. Padahal terlalu sering mandi bisa melunturkan pelembap alami di kulit Anda lho, Moms. Kalau sudah begini, kulit pun jadi lebih kering dan terasa kasar.




Bagian Kulit yang Kering saat Hamil


Entah Anda hamil untuk yang pertama kalinya atau lebih, kulit kering saat hamil adalah masalah yang normal terjadi. Tenang, karena ini bersifat sementara dan akan hilang setelah melahirkan kok, Moms.

Biasanya bumil akan mengalami kulit kering di beberapa bagian tubuh, namun paling sering adalah daerah perut. Area ini akan semakin kering di trimester 2 dan trimester 3, karena perut Anda pun semakin membesar dan area itu sedang membutuhkan lebih banyak air dari biasanya. Bagian tubuh lain yang mungkin mengering seiring bertambah besarnya usia kehamilan Anda adalah wajah, tangan, leher, payudara, dan paha.


Cara Mengatasi Kulit Kering saat Hamil


1. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena ini bisa menghilangkan pelembap alami dari kulit Anda.

2. Penuhi kebutuhan air harian Anda, bumil setidaknya butuh 10 gelas air per hari.

3. Pakai moisturizer dan hydrator. Ada bedanya lho, Moms! Hydrator memberikan air pada permukaan kulit Anda, sedangkan moisturizer untuk melembapkan kulit.

4. Anda bisa menambahkan essential oil ke dalam air mandi Anda untuk membantu mengurangi masalah kulit kering saat hamil.

5. Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya.

6. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan sayuran hijau.

7. Jika tempat tinggal Anda terbilang kering dan kurang lembap, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan room humidifier agar udara di rumah Anda tidak kering. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   kulit kering








Cover Januari - Februari 2020