Mother&Baby Indonesia
Bantal Hamil, Manfaat dan Jenisnya yang Perlu Anda Tahu

Bantal Hamil, Manfaat dan Jenisnya yang Perlu Anda Tahu

Salah satu keluhan yang kerap dialami ibu hamil adalah sulit tidur dengan nyaman dan nyenyak. Ya, perubahan bentuk tubuh yang terjadi pada bumil bisa menyebabkannya susah menemukan posisi tidur yang nyaman. Alhasil, bumil jadi sulit memejamkan mata dan tidak bisa tidur. Padahal, waktu istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk kesehatan kandungan dan tumbuh kembang janin yang optimal.

Baca juga: Tips Tidur Nyenyak saat Hamil di Semua Trimester

Agar dapat tidur dengan nyenyak, Moms perlu menemukan posisi tidur yang akan membuat Anda merasa nyaman. Selain itu, penggunaan bantal khusus ibu hamil atau maternity pillow juga bisa membantu Anda mengatasi kesulitan tidur di malam hari.



Meskipun begitu, harga bantal hamil ini tidak bisa dikatakan murah. Karena itu, penggunaannya pun bergantung pada kebutuhan Anda. Jika Moms tidak memiliki masalah berarti dengan bantal biasa ketika tidur, maka Anda tidak perlu menggunakan bantal ini. Namun, jika Anda memiliki masalah tidur, tidak ada salahnya membeli bantal hamil untuk membantu Anda menangani masalah sulit tidur selama masa kehamilan.


Manfaat Bantal Hamil

Bantal hamil atau maternity pillow memang dirancang khusus untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dialami bumil saat hendak tidur. Dengan bumil merasa nyaman saat tidur, Anda pun tentunya akan memiliki waktu tidur yang lebih panjang dan istirahat yang berkualitas. Di samping itu, ada sejumlah manfaat yang bisa bumil peroleh jika tidur dengan bantal hamil, yaitu:

1. Membantu menyangga tubuh dengan baik saat hamil, terutama di area perut, leher, paha, bahu, dan punggung.

2. Mengatasi rasa pegal karena mengurangi tekanan pada pungung, tulang belakang, dan pinggang.

3. Membantu peredaran darah menjadi lancar.


Jenis-Jenis Bantal Hamil

Ada banyak tipe dan macam bantal hamil dengan masing-masing punya fungsi yang berbeda. Karena itu, Anda perlu tahu agar bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan bisa mengatasi masalah tidur Anda, Moms.



1. Total Body Pillow. Bentuk bantal ini memanjang dari kepala hingga telapak kaki, membuat Anda tetap bebas dan nyaman bergerak, bahkan saat perut Anda sudah semakin besar. Karena bentuknya yang panjang, bantal ini bisa menyangga punggung dan pantat serta bisa dikepit oleh kaki Anda. Ada 2 macam bentuknya: bentuk huruf C, cocok untuk Anda yang terbiasa tidur dalam posisi miring dan bisa menyangga bagian kepala, perut, punggung, dan kaki; serta bentuk U, cocok untuk Anda yang terbiasa tidur dalam posisi telentang dan bisa menyangga dari kepala hingga kaki.

2. Wedge Pillow. Bantal ini berukuran kecil sehingga harganya pun relatif lebih murah dibandingkan jenis bantal hamil lainnya dengan bentuk seperti pengganjal pintu. Dikenal juga dengan istilah maternity cushion, bantal ini bisa Moms pakai saat tidur untuk melindungi bagian perut dan punggung dan mengurangi pegal saat tidur. Selain itu, bantal jenis ini bisa Anda pakai untuk membantu menyusui buah hati.

3. Full-Length Pillow. Bantal ini berbentuk memanjang seperti guling namun sangat lentur. Jika Moms memeluknya saat tidur, bantal ini akan menyesuaikan bentuknya dengan badan Anda. Namun bantal jenis ini tidak bisa digunakan untuk menyangga punggung Anda.

Ada baiknya jika Moms mengonsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda sebelum memilih bantal hamil, agar pilihan Anda tepat sehingga bisa membantu Anda untuk tidur nyenyak.


Memilih Bantal Hamil yang Baik

Selain bentuk dan fungsinya yang berbeda-beda, bantal hamil juga punya bahan dan material yang berbeda-beda. Untuk itu, Moms perlu tahu terlebih dulu agar bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih bantal hamil.

1. Karena harga bantal hamil relatif tidak murah, sayang sekali jika Anda menggunakannya selama masa kehamilan saja. Karena itu, pilihlah bantal hamil yang tetap bisa Anda pakai setelah melahirkan dan bisa membantu Anda ketika menyusui bayi Anda.

2. Saat hamil, bisa saja kulit Anda menjadi sensitif terhadap bahan atau material tertentu. Pilihlah bantal hamil yang terbuat dari bahan yang lembut di kulit, misalnya dari katun.

3. Bantal hamil akan Anda gunakan setiap hari selama masa kehamilan dan menyusui. Jadi, Anda sebaiknya memilih bantal yang mudah dibersihkan dengan cover yang mudah dipasang dan dilepas serta mudah dicuci. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   bantal hamil








Cover Januari - Februari 2020