Mother&Baby Indonesia
7 Tanda Moms Sedang Mengalami Hamil Kebo

7 Tanda Moms Sedang Mengalami Hamil Kebo

Moms pasti pernah mendengar istilah hamil kebo, ya? Walau hamil kebo mungkin tidak ada dalam kamus kedokteran, namun para bumil dan calon ibu pasti paham dengan istilah yang satu ini. Ya, hamil kebo adalah istilah yang menggambarkan kondisi kehamilan yang nyaris tanpa keluhan.

Sebut saja beberapa keluhan kehamilan yang umum dirasakan, seperti mual, muntah, pusing, mudah lelah, sakit punggung, kaki bengkak, cepat marah, atau sekadar ngidam makanan asam. Nah, pada bumil yang tergolong hamil kebo, segala keluhan kehamilan tersebut tidak ia rasakan. Asyik banget, ya!

Alih-alih banyak yang iri dengan kelancaran kehamilan seperti itu, banyak juga yang merasa khawatir dengan kesehatan ibu yang mengalami hamil kebo. Sebenarnya, apa sih tanda-tanda seseorang mengalami hamil kebo? Baca faktanya yuk, Moms!




1. Tidak Mual dan Muntah saat Hamil

Hadirnya hormon-hormon kehamilan menyebabkan bumil, khususnya bumil trimester satu, mengalami mual dan muntah. Hal ini juga sering disebut sebagai morning sickness. Namun menurut dr. Tirsa Verani, SpOG, dari Brawijaya Hospital Antasari, mual dan muntah saat hamil bisa jadi berlangsung sepanjang hari, tidak hanya pagi (morning) seperti sebutannya. 

Menurut dr. Tirsa, mual dan muntah dialami oleh 70-80 persen ibu hamil. Jika Anda tidak mengalaminya, maka bisa jadi Anda tergolong ke dalam Moms yang hamil kebo.


2. Tidak Sakit Kepala

Perubahan hormon saat hamil sangat normal menyebabkan bumil sakit kepala atau pusing. Nah, jika Anda tidak mengalaminya, mungkin Anda mengalami hamil kebo nih, Moms.


3. Tidak Ngidam

Rasa mual yang hebat di trimester pertama (atau sampai akhir kehamilan) biasanya menimbulkan rasa ingin mengonsumsi jenis makanan tertentu, atau yang biasa disebut ngidam. Nah, pada hamil kebo, ngidam tidak muncul dan bahkan bumil cenderung menyukai segala jenis makanan.




4. Tidak Suka Malas-malasan

Biasanya kehamilan membuat bumil lebih pasif atau lebih suka bermalas-malasan di rumah. Namun uniknya, bumil yang hamil kebo justru tidak malas dan suka bepergian. Ya, ia justru ingin terus aktif melakukan berbagai kegiatan dan menikmati berbagai tempat yang seru!


5. Tidak Sakit Punggung

Sakit punggung atau biasa disebut back pain memang umum terjadi saat Anda hamil. Sekitar 80 persen wanita akan mengalami nyeri punggung di beberapa titik selama kehamilan. Tingkat keparahan rasa sakit ini berkisar dari ketidaknyamanan ringan setelah berdiri dalam jangka waktu yang lama hingga rasa sakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Namun pada Moms yang hamil kebo, sakit punggung ini tidak mereka rasakan, karena mungkin sebelum hamil ia sudah memiliki postur tubuh yang baik dan kebiasaan yang baik pula. 


6. Tidak Mudah Lelah

Bukan rahasia lagi, semakin besar kehamilan, maka bumil pun akan merasa semakin mudah lelah. Namun pada hamil kebo, bumil tetap bertenaga dan tidak mudah lelah hingga akhir kehamilan. Kok bisa, ya? Bisa dong, karena mungkin bumil tersebut sudah rajin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat sejak sebelum hamil, sehingga saat hamil tubuhnya tetap bugar bertenaga.


7. Tidak Moody

Entah moody, mudah tersinggung, atau mudah marah, sebenarnya itu semua biasa terjadi saat hamil. Penyebabnya sederhana saja, yaitu adanya perubahan hormon-hormon selama masa kehamilan. Nah, Moms yang hamil kebo biasanya tidak mengalami perubahan mood yang naik-turun bagaikan roller coaster. Beruntung sekali! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   hamil kebo








Cover Januari - Februari 2020