Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Cara Menggoreng Bawang Merah agar Renyah

Moms, Ini Cara Menggoreng Bawang Merah agar Renyah

Penyedap rasa makanan bisa beragam bentuk, dan salah satunya adalah bawang merah goreng. Teksturnya yang crispy dan rasanya gurih bisa membuat makanan apa pun jadi terasa lebih nikmat setelah diberikan bawang goreng. Tapi ternyata, ada trik khusus untuk membuat bawang merah goreng yang renyah lho, Moms!

Dengan trik ini, bawang merah goreng tak akan terasa pahit, cepat lembek, atau terlalu berminyak dan malah merusak cita rasa makanan yang disantap. Mau tahu caranya menggoreng bawang merah agar lebih renyah dan spesial? Ikuti langkah-langkah ini, yuk!




1. Pilih jenis bawang merah

Bawang merah ternyata memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Beberapa jenis yang dikenal di Indonesia adalah maja cipanas atau ampenan. Namun jenis yang biasanya dipilih adalah bawang merah sumenep-madura yang bentuknya agak lonjong dengan kadar air yang relatif rendah, dan bawang brebes yang beraroma kuat. Pilih juga yang ukurannya lebih besar dan masih segar agar teksturnya bisa renyah.


2. Iris tipis

Agar bawang merah goreng terasa renyah dan gurih, Anda bisa mengirisnya dengan ketebalan yang pas. Biasanya cenderung lebih tipis, agar tak menjadi lembek setelah digoreng. Jika kesulitan memotong secara manual, gunakan alat pemotong khusus ya, Moms.


3. Rendam dalam garam

Setelah diiris, siapkan campuran air dan garam, lalu rendam bawang merah. Hal ini akan membuat bawang menjadi lebih gurih setelah digoreng. Rendam dengan perbandingan 1 sendok makan garam untuk 1 liter air, selama 25 sampai 30 menit.


4. Taburi tepung

Tiriskan bawang merah setelah waktu yang ditentukan, lalu letakkan di wadah yang lebar. Kemudian, taburkan tepung di atasnya. Anda bisa menggunakan tepung maizena, tepung kanji, atau tepung beras agar tekstur renyah bisa didapatkan.


5. Keringkan

Tahap selanjutnya, ratakan bawang merah yang basah itu di atas wadah lebar. Jemur bawang merah selama 1-2 jam hingga mengering secara merata. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar air, serta memastikan bahwa bawang merah bertekstur renyah nantinya setelah digoreng.




6. Goreng hingga keemasan

Pastikan bahwa bawang merah kering secara sempurna. Kemudian, goreng bawang merah dengan teknik menggoreng rendam menggunakan minyak yang banyak, hingga berwarna cokelat keemasan. Gunakan juga api yang kecil agar bawang tidak cepat gosong dan menimbulkan rasa pahit.


7. Tiriskan dan simpan

Setelah matang, angkat bawang merah goreng dengan tirisan sampai minyak benar-benar habis. Kemudian, letakkan di atas kertas atau tisu yang mampu menyerap minyak hingga kering. Lalu, simpan bawang merah goreng di dalam toples atau wadah tertutup rapat agar terjaga tekstur renyah dan rasa gurih yang lezat tersebut.


Manfaat Bawang Merah Goreng


Selain rasanya yang gurih, enak, dan membuat makanan jadi lebih istimewa, ternyata bawang merah goreng memiliki banyak manfaat lho, Moms! Selalu siapkan stok di rumah dan rasakan manfaat bawang merah goreng berikut ini, yuk!

• Mengatasi sembelit

Bawang merah memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk meningkatkan proses pembuangan racun. Selain itu, fungsinya juga membuang partikel makanan yang bertekstur keras dan menumpuk dalam usus, sehingga bagus untuk mengatasi sembelit.

• Mengontrol kolesterol

Bawang merah goreng mengandung sulfida methalallyl dan asam amino sulfur, yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

• Cegah kanker

Bawang merah, mentah ataupun digoreng dapat mencegah penyakit kanker, seperti kanker usus, paru-paru, lambung, payudara serta kanker prostat. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   bawang merah,   bawang goreng,   menggoreng bawang merah








Cover Maret 2020