Mother&Baby Indonesia
Ini 5 Tipe Perilaku Kakek dan Nenek Terhadap Cucunya

Ini 5 Tipe Perilaku Kakek dan Nenek Terhadap Cucunya

Karakter seorang anak tidak hanya bergantung dari orang tuanya, tapi juga dari orang-orang terdekat lainnya, misalnya kakek dan neneknya. Apalagi jika Moms adalah ibu bekerja, peran kakek dan nenek terhadap cucu jadi lebih besar. Karena ketika Anda bekerja, Anda harus menitipkan Si Kecil pada orang lain. Dan biasanya, orang yang paling Anda percayai untuk ikut membantu menjaga Si Kecil adalah orang tua atau mertua Anda, kakek dan nenek Si Kecil.

Tidak hanya itu, saat libur pun Anda akan mengunjungi kakek nenek Si Kecil atau sebaliknya, mereka yang mengunjungi Anda di rumah. Karena itu, hubungan kakek nenek dengan cucunya pun bisa menjadi sesuatu yang istimewa. Tak jarang Si Kecil malah lebih dekat dengan kakek neneknya dibandingkan dengan kedua orang tuanya.

Umumnya, kakek nenek akan sangat menyayangi, bahkan memanjakan cucu mereka. Meskipun begitu, tidak semua kakek dan nenek memiliki perilaku yang sama terhadap cucunya. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Bernice Neugarten, psikolog dari The University of Chicago, AS, yang mempelajari kondisi psikologis para lansia, ada 5 tipe perilaku kakek nenek yang perlu diketahui oleh orang tua masa kini. Apa saja itu?




1. Formal Grandparents

Kakek nenek dengan tipe ini umumnya tidak terlalu ikut campur dalam pengambilan keputusan anaknya, yaitu Anda dan pasangan, dalam membesarkan cucu mereka, anak Anda. Namun, mereka selalu memberikan dukungan penuh terhadap anak dan cucu. Mereka selalu berusaha menjaga keseimbangan peran kakek nenek dalam keluarga, menjadi pendengar yang baik saat dibutuhkan, dan berupaya menjadi penjembatan hubungan antara anak dan cucu.

Tentu saja mereka sangat menyayangi sang cucu, tapi mereka tidak mau ikut campur urusan keluarga sang anak, tidak mau memaksakan kehendak mereka, mau mendengarkan pendapat anaknya, dan mendukung peraturan sang anak dalam hal penerapan keputusan untuk cucu mereka.


2. Fun Seekers

Satu kata yang menggambarkan tipe kakek nenek ini, seru. Mereka selalu ingin menghabiskan waktu bersama sang cucu dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk menghiburnya. Tak jarang mereka juga memanjakan sang cucu. Tipe inilah yang cenderung dapat membuat Si Kecil tumbuh menjadi anak yang manja.




3. Distant Figures

Ini adalah tipe kakek nenek yang cenderung punya peran kecil dalam hidup cucu mereka. Umumnya, jarak yang menjadi faktor penyebab utama hubungan antara kakek nenek dan sang cucu. Karena itu, interaksi pun hanya terjadi pada saat-saat tertentu, misalnya ketika acara keluarga, perayaan ulang tahun, atau saat liburan tiba. Jika orang tua Anda termasuk kakek nenek dengan tipe ini, usahakan agar mereka tetap bisa dekat dengan anak Anda, cucu mereka. Salah satu caranya dengan sering berkomunikasi dan menceritakan perkembangan Si Kecil pada mereka.


4. Surrogate Parents

Karena kesibukan Anda dan suami dalam bekerja, atau munculnya masalah dalam keluarga Anda, Si Kecil setiap hari dititipkan pada kakek neneknya. Kakek nenek dengan tipe ini punya peran terhadap sang cucu layaknya orang tua pada anaknya, mulai dari mengasuh dan merawat Si Kecil, mendisiplinkan Si Kecil, bahkan hingga mengantarnya ke sekolah.

Tipe ini ternyata bisa berisiko meningkatkan stres pada kakek nenek. Selain karena faktor usia, juga karena mereka kadang harus mengurus cucu dan mungkin juga membantu menanggung sebagian masalah finansial Anda, sesuatu yang idealnya sudah tidak menjadi beban buat mereka lagi saat memasuki usia lanjut.


5. Reservoir of Family Wisdom

Kakek nenek tipe ini punya peran sebagai pemegang wewenang, kepala keluarga, dan bahkan tak jarang memberi masukan atau keputusan buat semua anggota keluarga yang wajib dipatuhi oleh anak-anaknya. Umumnya, tipe ini lebih dominan ditemukan pada kakek, sementara nenek bersifat mendukung. Tipe kakek nenek ini juga masih mengontrol perilaku anak mereka yang notabene sudah dewasa, baik Anda maupun pasangan. Ini terjadi akibat pola asuh otoriter yang sejak lama telah diberlakukan dalam keluarga.

Nah, di antara 5 tipe tersebut, yang mana karakter kakek nenek Si Kecil, Moms? (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   kakek nenek,   cucu,   parenting,   pengasuhan anak








Cover Januari - Februari 2020