Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

7 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Resistensi imun terhadap infeksi pada anak lebih rendah dibandingkan orang dewasa, sehingga anak lebih rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, Moms perlu meningkatkan kekebalan tubuh anak agar mampu melawan infeksi penyebab berbagai penyakit. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan tertentu yang memiliki nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak Anda, sehingga ketika Si Kecil terpapar kuman, ia lebih siap bertarung dan tidak mudah untuk jatuh sakit. Berikut ini M&B merekomendasikan 7 makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak:


1. Kacang Almond

(Kacang almond. Foto: Dok. Abimagestudio/Freepik)

Kacang almond merupakan sumber vitamin E yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. Selain itu, kandungan riboflavin, niacin, dan vitamin B juga sangat bagus untuk sistem pertahanan tubuhnya 




2. Brokoli


(Brokoli. Foto: Dok. Racool Studio/Freepik)

Bukan rahasia lagi bahwa brokoli mengandung banyak nutrisi yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Brokoli kaya akan vitamin C, A, dan E serta sejumlah antioksidan yang berperan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. 


3. Yoghurt


(Yoghurt. Foto: Dok. Freepik)

Kandungan probiotik dalam yoghurt dapat digunakan untuk mengisi kembali bakteri baik dalam tubuh, menyerap nutrisi, membantu pencernaan, dan melawan kuman penyebab penyakit. Pastikan Anda memberikan yoghurt rendah gula atau tanpa gula buat Si Kecil, karena gula memiliki efek sebaliknya pada sistem kekebalan tubuh. 


4. Bayam


(Bayam. Foto: Dok. Racool Studio/Freepik)

Bayam dikenal sebagai superfood yang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bayam mengandung vitamin A, E, C, dan K, folat, seng, selenium, dan zat besi. Semua nutrisi ini bekerja sama untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. 




5. Jeruk


(Jeruk. Foto: Dok. Bowonpat/Freepik)

Anak tidak memiliki sistem kekebalan tubuh sekuat orang dewasa, sehingga ia lebih rentan terkena penyakit. Jeruk adalah sumber vitamin C dan mineral yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan produksi sel darah putih. 


6. Ikan yang Berminyak (Oily Fish)


(Salmon. Foto: Dok. Valeria Aksakova/Freepik)

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam jenis ikan berlemak (oily fish) seperti salmon dan tuna dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak dengan meningkatkan aktivitas fagosit, yakni sel darah putih yang mampu memerangi bakteri berbahaya. Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan dan membantu melindungi paru-paru anak Anda dari infeksi pernapasan dan pilek.


7. Telur


(Telur. Foto: Dok. Timolina/Freepik)

Ketika anak kekurangan vitamin D, mereka lebih rentan terhadap penyakit. Sementara telur mengandung vitamin D alami dan sejumlah nutrisi seperti vitamin B dan selenium yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   kekebalan tubuh,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020