Mother&Baby Indonesia
Ini Kesalahan Dalam Membuat Jus di Rumah

Ini Kesalahan Dalam Membuat Jus di Rumah

Jus! Hampir semua orang menyukai minuman yang satu ini. Maklum selain menyegarkan, jus juga diyakini baik untuk kesehatan tubuh dan pencernaan Anda.

Namun benarkah, Anda akan lebih sehat dengan rutin mengonsumsi jus buah? Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan ya Moms. 

Rajin minum jus buah tidak selamanya memberikan efek positif bagi tubuh. Jika salah dalam mengolah, jus justru akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Nah apa saja kesalahan yang kerap dilakukan saat membuat jus buah di rumah?




1. Tidak Mencuci Buah

Kebiasaan yang satu memang terdengar sepele. Akan tetapi mencuci buah sangat penting karena bisa menghilangkan kotoran atau bahan-bahan kimia yang menempel di kulit buah akibat penyemprotan pestisida. Jika termakan, bahan-bahan tersebut berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka pendek maupun panjang.


2. Gula, Gula, dan Lebih Banyak Gula

Kesalahan lain yang kerap dilakukan saat membuat jus sendiri di rumah adalah penambahan gula maupun susu kental manis. Penambahan bahan-bahan tersebut justru akan menimbulkan efek kurang baik karena memicu sejumlah penyakit seperti diabetes. Penambahan gula yang berlebih sebaiknya dihindari apabila Anda tidak ingin gula darah naik, Moms.


3. Terlalu Lama Disimpan

Jika Anda membuat jus sendiri, sangat disarankan untuk membuatnya sesuai dengan takaran untuk sekali atau dua kali minum saja. Menyimpan jus terlalu lama, bahkan di dalam kulkas sekali pun, akan mengubah kandungan gizi di dalamnya. Sebaiknya, jus langsung diminum paling lama 15 menit setelah dibuat karena setelah itu kandungan enzim dan nutrisi di dalamnya akan teroksidasi di udara. Jika ingin menyimpannya di dalam kulkas, sebaiknya Anda menghabiskan jus dalam kurun waktu 24 atau 36 jam saja.




4. Menggunakan Bahan yang Sama

Jus sebenarnya mengandung antioksidan seperti vitamin dan mineral. Akan tetapi, jika Anda meminum jus dari bahan yang sama setiap hari, maka hal ini justru akan menimbun racun. Selain mencegah Anda bosan, mengganti jenis jus setiap hari bisa membantu Anda memenuhi berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.


5. Asal Memilih Bahan

Satu hal yang tak kalah penting adalah memilih bahan-bahan yang masih segar. Menggunakan buah yang terlalu matang atau sudah tidak bagus lagi bentuknya tentu akan memengaruhi nutrisi yang terkandung di dalam jus. Ada baiknya juga Anda mencari tahu kombinasi jus buah agar bisa memberikan manfaat maksimal bagi tubuh. Kombinasi buah yang kurang tepat diyakini bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan Anda.


6. Buah Organik vs Buah Biasa

Anda mungkin perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membeli buah-buahan organik. Akan tetapi buah organik ditanam tanpa menggunakan pestisida sehingga lebih sehat bagi Anda. Jika Anda menggunakan buah-buahan biasa, dikhawatirkan residu pestisida masih menempel di kulit buah, sehingga Anda harus membersihkannya terlebih dahulu dengan seksama. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: jus,   jus buah,   nutrisi










Cover Mei-Juni-Juli 2020