Mother&Baby Indonesia
Tips Mengajarkan dan Membiasakan Anak Rajin Sikat Gigi

Tips Mengajarkan dan Membiasakan Anak Rajin Sikat Gigi

Selalu ada hal baru yang bisa ditemukan dan dipelajari oleh balita setiap harinya. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengajarkan sesuatu pada Si Kecil, contohnya kebiasaan menyikat gigi. Seperti Moms ketahui, di usia balita, Si Kecil memiliki gigi susu yang akan berubah sewaktu-waktu dengan sendirinya ketika bertambah usianya.

Oleh karena itu Moms, kebersihan gigi sekaligus kesehatan mulut harus diperhatikan. Jangan sampai giginya menjadi tidak terawat dan bahkan berlubang karena ini akan berdampak pada kesehatan gigi dan mulut Si Kecil.



Mengutip dari Australian Dental Assosiation, kebiasaan menyikat gigi untuk merawat kebersihan gigi dan mulut harus mulai dibiasakan sejak usia 4 bulan. Di usia tersebut, Moms bisa mulai merawat kesehatan gigi, gusi, dan juga mulut si Kecil menggunakan kain kasa basah yang bersih dan steril.

Pada usia 4 bulan, menggunakan pasta gigi memang belum dianjurkan, karena Si Kecil belum mengonsumsi makanan padat. Namun ketika usianya memasuki satu tahun, penggunaan sikat gigi dan pasta gigi diperlukan untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang tersangkut di dalamnya.

Baca juga: 5 Cara Seru Mengajarkan Balita Menyikat Gigi

Mengajarkan sekaligus membiasakan anak rajin menyikat gigi secara rutin butuh kerja sama yang baik antara Moms dan Dads, apalagi jika Si Kecil malas dan tidak mau menyikat gigi. Bingung menemukan cara untuk mengajarkan dan membiasakan Si Kecil menyikat gigi? M&B punya tipsnya untuk Anda.


1. Memberikan contoh kebiasaan sikat gigi di depan anak

Mengajak Anak Sikat Gigi Bersama

Foto. Freepik/prostooleh

Mengajarkan dan membiasakan anak rajin sikat gigi bisa dimulai dari Anda yang selalu memberikan contoh tersebut. Ini perlu dilakukan agar Si Kecil bisa meniru kebiasaan baik tersebut, Moms. Jadi, ketika Anda rajin sikat gigi setiap hari, baik setelah makan maupun sebelum tidur, Si Kecil terbiasa melihat aktivitas Anda dan tertarik ikut rajin menyikat gigi setiap hari tanpa perlu Anda suruh.

Jika ingin tetap dekat dalam mencontohkan kebiasaan baik ini, cobalah Moms dan Dads mengajak anak sikat gigi bersama. Menyikat gigi bersamabisa menjadi sebuah kegiatan yang seru dan menyenangkan bagi Si Kecil.

Moms juga bisa memberikan contoh cara menyikat gigi yang benar langsung kepada anak dengan menyikat gigi di depan cermin.



Baca juga: Langkah-langkah Mengajarkan Sikat Gigi pada Anak


2. Gunakan air minum untuk berkumur

Berkumur setelah sikat gigi

Foto. Freepik/jcomp

Banyak orang tua yang merasa khawatir ketika ingin mengajarkan anak menyikat gigi, salah satunya adalah karena balita belum fasih berkumur. Ini wajar, karena Anda takut Si Kecil tersedak air ketika berkumur atau justru malah meminum air yang seharusnya ia buang.

Untuk mengatasinya, Moms bisa tetap mengajarkan anak sikat gigi dengan menggunakan air minum untuk berkumur. Menggunakan air minum akan jauh lebih aman jika Si Kecil tidak sengaja menelan air minum tersebut. Seiring berjalannya waktu, balita Anda nantinya akan bisa berkumur tanpa menelan air. Ingat Moms, ini hanya masalah waktu saja, Moms!

Baca juga: 7 Langkah Menyikat Gigi Si Kecil


3. Berikan anak kebebasan untuk memilih sikat dan pasta gigi yang diinginkannya

Memilih sikat dan pasta gigi

Foto. Freepik

Untuk membuat anak tertarik melakukan kebiasaan menyikat gigi, Moms bisa ajak Si Kecil  memilih sikat dan pasta gigi untuk dirinya sendirinya. Berikan balita kebebasan memilih yang ia sukai, namun tetap berikan penjelasan soal jenis sikat dan pasta gigi yang dipilihnya. Kebebasan ini akan membantu membuat anak senang dan menjadikan momen sikat gigi menjadi aktivitas yang menarik buatnya.

Untuk pasta gigi Si Kecil, pastikan Moms memilihkan pasta gigi khusus anak yang tidak memiliki kandungan fluoride, detergen, dan pemutih, agar tidak berbahaya buatnya jika tertelan. (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)



Tags: rajin sikat gigi,   kebiasaan baik,   mendidik anak