Mother&Baby Indonesia
Ini Usia yang Tepat Melatih Anak Memakai Sendok

Ini Usia yang Tepat Melatih Anak Memakai Sendok

Setelah terbiasa diberikan MPASI, anak umumnya mulai bisa menentukan alat makan yang ia sukai. Bahkan jika Anda tidak menggunakan piring, sendok dan garpu, atau gelas yang menjadi favorit Si Kecil, ia bisa jadi akan sulit untuk diajak makan meski belum ia mengggunakan alat-alat tersebut sendiri.

Seiring bertambahnya usia, muncul keinginan anak untuk memegang alat makannya dan mulai makan sendiri. Karenanya, Moms harus siap untuk bisa mengajarinya tentang penggunaan alat makan, khususnya sendok, agar ia bisa menggunakannya dengan benar.

Lalu, kapan kira-kira usia yang tepat untuk mulai mengajarkan Si Kecil tentang penggunaan sendok dan garpu? Menurut berbagai sumber, diketahui bahwa anak sudah bisa diajarkan makan sendiri sejak usia 10-18 bulan. Salah satu pertimbangannya adalah kemampuan motoriknya yang sudah semakin baik.




Pentingnya Memakai Sendok

Melatih anak untuk bisa menggunakan alat makan berupa sendok dan garpu memang perlu dilakukan. Pasalnya, seiring bertambah usia, Si Kecil jadi bisa belajar untuk bisa makan sendiri tanpa perlu disuapi. Selain membantunya untuk lebih mandiri, hal ini tentu bermanfaat untuk menstimulasi motoriknya.

Mengajarkan anak untuk bisa memakai sendok tentu membutuhkan kesabaran. Kemungkinan seperti Si Kecil menjatuhkan sendoknya berkali-kali, hingga mengotori meja dan pakaiannya pasti akan terjadi. Untuk membantu Anda, maka perhatikan hal-hal berikut ini ya, Moms.

1. Kenali tandanya

Sebelum mengajari anak menggunakan sendok, Moms perlu melihat tanda bahwa Si Kecil memang sudah tertarik untuk memakainya saat makan. Meski disebutkan usia umumnya 10-18 bulan, namun jangan paksa anak untuk sudah bisa memakai sendok pada usia tersebut jika ia tampak tidak merespons atau bergerak aktif saat diberikan sendok tersebut.

2. Tahu kapan harus memakainya




Setelah Si Kecil mau menggunakan sendok, kenalkan dia pada makanan yang memerlukan alat makan tersebut. Masak menu seperti oatmeal, sayur dan buah yang dihaluskan, makaroni dan keju, atau yoghurt untuk dimakan Si Kecil. Bedakan dengan momen saat ia perlu menggunakan garpu, yaitu dengan menyiapkan makanan yang dipotong agak kecil serta kotak-kotak, agar mudah tertancap pada ujung garpu.

3. Buat anak merasa nyaman

Anda bisa menyiapkan highchair atau bangku dan meja yang sesuai dengan tinggi badan anak agar nyaman saat makan. Selain itu, suasana makan bersama keluarga juga menjadi cara lain untuk membuat Si Kecil merasakan kenyamanan dan kehangatan. Ini bisa membantunya menggunakan sendok saat makan secara tidak sadar, lho!

4. Harus ekstra sabarĀ 

Momen belajar memakai sendok pastinya akan menguras tenaga Moms lebih banyak. Sebab kemampuan motorik yang masih harus dilatih membuat Si Kecil sering menjatuhkan sendok. Alhasil, tak jarang makanannya akan berantakan di meja atau bahkan mengotori lantai dan pakaiannya. Untuk itu, Anda bisa memberi alas terlebih dahulu di lantai dengan kertas koran atau plastik. Pakaikan juga apron untuk mengurangi kotor di baju anak.

5. Memilih sendok sesuai usia

Yang tak kalah penting, pilih sendok (dan alat makan lain) sesuai dengan usia Si Kecil. Pilih alat makan berbahan ringan dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Dengan begitu, sendok bisa dipakai berkali-kali meski sudah disterilkan dengan suhu panas serta mudah digenggam oleh anak pada tahapan usianya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   sendok,   alat makan,   mpasi










Cover Mei-Juni-Juli 2020