Mother&Baby Indonesia
7 Bentuk Fisik Bayi yang Diwarisi dari Gen Sang Ayah

7 Bentuk Fisik Bayi yang Diwarisi dari Gen Sang Ayah

Saat bayi Anda lahir, orang-orang yang bertemu Si Kecil untuk pertama kalinya mungkin akan langsung menerka-nerka kemiripan Si Kecil dengan Anda dan pasangan. “Wah, mukanya mirip ayahnya, ya” atau “Senyumnya mirip ibunya” adalah sebagian kalimat yang bisa jadi akan sering Anda dengar, Moms.

Memang, meskipun penelitian mengatakan bahwa orang tua masing-masing menurunkan jumlah kromosom yang sama pada anak mereka, yaitu 23 buah, saat Si Kecil lahir, mungkin saja ia akan lebih banyak memiliki kemiripan dengan ayah atau dengan ibunya, karena ia mewarisi masing-masing gen dari orang tuanya dan tidak semuanya sama.

Contohnya, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa anak lebih mungkin mendapatkan kecerdasan dari ibunya. Nah, jika kecerdasan diturunkan dari sang ibu, lalu apa yang diturunkan sang ayah pada Si Kecil? Berikut beberapa hal yang diwariskan ayah pada anaknya.



Baca juga: 8 Sifat Bayi yang Diwarisi dari Sang Ibu


1. Jenis Kelamin

Umumnya, gen kelamin anak diwarisi oleh ayahnya. Artinya, jika sang ayah punya banyak saudara laki-laki, maka anaknya akan cenderung berjenis kelamin laki-laki. Sebaliknya, jika sang ayah punya banyak saudara perempuan, maka anaknya kemungkinan akan berjenis kelamin perempuan. Walaupun begitu, tetap ada pria yang punya potensi sama besar untuk memiliki anak laki-laki maupun anak perempuan, hanya jumlahnya tidak banyak.


2. Tinggi Badan

Tinggi badan seorang anak cenderung diwarisi oleh gen dari sang ayah. Jika ayah memiliki postur tubuh yang tinggi, maka sang anak juga akan mengikutinya. Meskipun demikian, tidak semua anak punya tinggi badan yang sama dengan saudara-saudaranya walau mereka berasal dari orang tua yang sama. Biasanya, anak yang lebih muda punya badan lebih pendek daripada anak yang lebih tua kendati jenis kelamin mereka sama. Dikutip dari Bright Side, sekitar 60-80 persen tinggi badan seseorang tergantung pada orang tuanya, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh gaya hidup, pola makan, dan aktivitas fisik.


3. Sidik Jari

Sidik jari seorang anak ternyata juga diwariskan dari gen sang ayah. Jika Anda perhatikan, Si Kecil memiliki pola sidik jari yang sama dengan ayahnya, bahkan tiap garisnya juga akan berbentuk sama dengan sidik jari sang ayah.




4. Gigi

Bentuk dan ukuran gigi seorang anak diwariskan dari salah satu orang tua, namun gen ayah berperan dominan dalam hal ini. Jadi, tak usah heran jika gigi Si Kecil mirip dengan gigi ayahnya, dan bahkan mungkin termasuk juga soal masalah gigi. Jika sang ayah punya susunan gigi yang buruk dan sering bermasalah dengan kesehatan gigi, maka anak juga akan memiliki masalah yang sama.


5. Warna Bola Mata

Ayah juga menurunkan gen untuk warna bola mata pada anaknya. Jadi, jika pasangan Anda memiliki bola mata berwarna cokelat, biru, ataupun hijau, kemungkinan besar Si Kecil juga akan mewarisi warna bola mata yang sama dengan ayahnya.


6. Lesung Pipi

Lesung pipi menjadi pemanis wajah seseorang. Nah, lesung pipi ini juga sebagian besar diwariskan dari gen ayah. Jadi jika seorang anak memiliki lesung pipi, hampir bisa dipastikan bahwa ayahnya juga memilikinya.


7. Bibir

Bentuk bibir seorang anak, tipis ataupun tebal, kemungkinan besar juga berasal dari gen sang ayah. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   gen,   sifat anak