Mother&Baby Indonesia
Lezat dan Segar, Ini Manfaat Buah Naga untuk MPASI

Lezat dan Segar, Ini Manfaat Buah Naga untuk MPASI

Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil sudah bisa Moms berikan makanan pendamping ASI dalam berbagai tekstur. Salah satu menu makanan pendamping ASI yang baik untuk Si Kecil adalah buah naga yang ada dalam dua warna, putih dan merah. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral lainnya dengan banyak manfaat, seperti berikut ini, Moms.


Kaya Vitamin C

Untuk membantu perkembangan tulang, otot, dan gigi, maka Si Kecil membutuhkan vitamin C. Selain itu, dengan mengonsumsi vitamin C, kekebalan tubuh juga meningkat serta pembuluh darah berkembang dengan baik selama masa pertumbuhannya.




Tinggi Serat

Kebutuhan serat untuk Si Kecil sangat berguna buat menjaga kesehatan pencernaannya, sehingga ia akan terhindar dari masalah sembelit. Keseimbangan kadar gula darah bayi Anda pun bisa terjaga, karena rasa manisnya yang cukup untuk anak dapat meningkatkan berat badannya secara sehat.


Mengandung Vitamin A

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu kulit agar tetap sehat, serta menjaga kesehatan mata agar area vital retina tetap berfungsi dengan baik.


Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah naga memiliki efek detoksifikasi yang bagus untuk membersihkan tubuh dari bahan kimia. Hal ini tentu membantu fungsi ginjal dan menjaganya tetap sehat serta menjaga sistem kemih yang berfungsi dengan baik.




Mengandung Potasium

Salah satu kandungan mineral yang terkandung dalam buah naga adalah potasium. Jika dibarengi dengan senyawa flavanoid dan fenolik, maka buah ini juga dapat membantu menjaga tulang agar tetap kuat. Selain itu, fungsi jantung dan sistem saraf juga terjaga sehingga baik untuk kesehatan Si Kecil.


Mengolah Buah Naga


Buah naga sendiri bisa langsung dimakan dengan mengupas dari kulitnya. Teksturnya sedikit berbulir saat digigit karena bijinya. Namun tak usah khawatir, bijinya aman untuk Si Kecil dan bisa langsung ditelan kok, Moms. Namun untuk bayi di masa awal MPASI, sebaiknya buah naga dihaluskan terlebih dahulu hingga bertekstur seperti puree atau bubur.

Selain itu, buah naga juga bisa dijadikan smoothies dan dikombinasikan dengan buah lain seperti pisang atau apel agar nutrisinya lebih banyak dan baik untuk Si Kecil. Buah naga berwarna putih ataupun merah sama saja, karena keduanya tetap kaya manfaat untuk tumbuh kembang optimal anak Anda. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   mpasi,   buah naga,   nutrisi








Cover Maret 2020