Mother&Baby Indonesia
8 Sifat Bayi yang Diwarisi dari Sang Ibu

8 Sifat Bayi yang Diwarisi dari Sang Ibu

Anak memang buah hati pasangan suami istri. Penelitian juga mengatakan bahwa ayah dan ibu masing-masing menurunkan jumlah kromosom yang sama pada anak mereka, 23 buah. Walaupun demikian, saat Si Kecil lahir, mungkin saja ia akan lebih banyak memiliki kemiripan dengan ayah atau dengan ibunya, karena ia mewarisi masing-masing gen dari orang tuanya dan tidak semuanya sama.

Selain penampilan fisik Si Kecil, Moms mungkin juga akan bertanya-tanya, bagaimana Si Kecil nanti bersikap, berbicara, atau berjalan. Meskipun bayi Anda memiliki gen dari Anda dan pasangan, ternyata ada 8 sifat yang diwariskan Si Kecil dari Anda, ibunya, dan bukan dari ayahnya, seperti dilansir dari Familyeducation.com. Ini ke-8 sifat tersebut, Moms.




1. Kecerdasan

Anak yang cerdas lahir dari ibu yang cerdas! Studi menunjukkan bahwa gen yang memengaruhi kecerdasan terkandung dalam kromosom X. Kecerdasan diturunkan ke bayi melalui 2 kromosom X dari ibu dan satu kromosom X dari ayah. Anak laki-laki mewarisi kecerdasan dari sang ibu, sedangkan anak perempuan menerima kecerdasan dari kedua orang tuanya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa hanya 40 persen saja kecerdasan ibu yang diwariskan pada anak. Selebihnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti proses pembelajaran, pengalaman, serta usaha anak untuk mengasah kecerdasannya. Jadi, bisa dibilang, kerja keras anak dalam proses belajar akan sangat memengaruhi kecerdasannya nanti.


2. Warna Rambut

Ya, Warna rambut anak berasal dari gen yang diturunkan dari ibu ke buah hatinya. Lebih dari 20 gen ibu berperan dalam mengendalikan protein untuk membentuk warna rambut anak.


3. Jenis Rambut

Bukan hanya warna rambut, Si Kecil pun lebih cenderung mewarisi jenis rambut ibunya dibandingkan dengan jenis rambut sang ayah. Jadi, jika Anda berambut keriting atau lebat, kemungkinan besar bayi Anda pun akan punya rambut seperti itu. Sementara beberapa sifat rambut lainnya, misalnya kebotakan, selain dipengaruhi dari ibu, juga bisa dipengaruhi oleh hal lain seperti faktor lingkungan dan kebiasaan.


4. Gaya Tidur

Bayi juga mewarisi gaya tidur dari ibunya lho, Moms! Jadi, kalau Anda melihat Si Kecil tidur tenang, atau malah tidur ‘berputar’ seperti helikopter, dengan gaya telentang, tengkurap, atau meringkuk, tak usah merasa heran lagi, ya. Bahkan kebiasaan susah tidur di malam hari hingga senang sekali tidur siang, semua itu didapat bayi dari ibunya dan akan menjadi kebiasaan tidurnya seumur hidup nanti.




5. Temperamen

Apakah Si Kecil sering menangis atau menjerit? Moms mungkin perlu melihat diri Anda untuk mengetahui hal tersebut. Memang, lingkungan sekitar juga berperan dalam hal ini, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa susunan genetika Anda pun ternyata memainkan peran lebih besar terhadap temperamen Si Kecil.


6. Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan juga menurun dari gen ibu. Apa yang Anda konsumsi selama hamil bukan saja penting bagi kondisi kesehatan serta janin di kandungan. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap Si Kecil nantinya! Jadi, perhatikan asupan makanan Anda ya, Moms.


7. Tangan yang Dominan

Tangan yang dominan juga dipengaruhi oleh gen ibu. Memang, jika Anda dan pasangan bertangan kidal, hal ini akan membuat Si Kecil juga bertangan kidal. Namun, jika hanya Moms yang bertangan kidal, maka kemungkinan besar bayi Anda juga akan seperti itu.


8. Migrain

Jika Anda menderita migrain, kemungkinan besar Si Kecil juga akan begitu suatu hari nanti. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   gen,   sifat anak










Cover Mei-Juni-Juli 2020