Mother&Baby Indonesia
5 Sayuran yang Punya Banyak Manfaat untuk MPASI Bayi

5 Sayuran yang Punya Banyak Manfaat untuk MPASI Bayi

Setelah Bayi Anda berusia 6 bulan, inilah saatnya Anda memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada Si Kecil. Di saat ini, Moms tentunya ingin memberikan makanan sehat yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Bukan hanya karbohidrat dan protein, Si Kecil juga membutuhkan vitamin dan mineral. Hal ini juga dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menyatakan bahwa Moms perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk anak sejak ia mulai mengonsumsi MPASI.

Seperti dikutip dari laman IDAI, sejumlah vitamin dan mineral yang sebaiknya ada dalam makanan pendamping ASI terutama adalah vitamin A, zat besi, dan zinc. Pemberian ASI semata sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan bayi akan kandungan vitamin dan mineral tersebut.



Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Si Kecil, Moms bisa memberi sayuran sebagai MPASI buah hati Anda. Tapi, apa saja sayuran yang baik untuk Si Kecil? Berikut sejumlah sayuran yang baik dan punya banyak manfaat untuk MPASI bayi Anda, Moms.


1. Wortel

Ya, sudah bukan rahasia lagi jika wortel penting untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan betakaroten dan vitamin A yang bagus untuk membangun fungsi penglihatan. Khusus pada bayi, kandungan betakaroten dan vitamin A berperan dalam membantu pertumbuhan retina mata dan menjaganya tetap dalam kondisi baik. Wortel juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Untuk pemberian MPASI, wortel bisa Anda kukus atau rebus hingga matang kemudian dihaluskan atau dicampur dengan makanan lain. Seiring bertambahnya usia Si Kecil dan ia sudah mampu menggenggam dengan kuat, Moms bisa berikan wortel yang sudah dikukus atau direbus dan dipotong kecil-kecil sebagai finger food.


2. Bayam

Sayuran hijau ini merupakan sumber nutrisi penting guna mendukung tumbuh kembang bayi. Bayam mengandung vitamin A, K, dan mineral seperti zat besi, kalsium, zinc, serat, folat, dan magnesium. Seperti diketahui, zat besi berperan dalam perkembangan otak, sel saraf, dan sel darah merah. Sedangkan zinc berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Cara mengolah bayam untuk MPASI pun cukup mudah, Moms. Setelah dicuci bersih, kukus hingga lunak, dan haluskan.




3. Tomat

Warna merah dalam tomat merupakan gambaran banyaknya jumlah antioksidan dalam buah. Bukan sekadar antioksidan biasa yang ada di dalamnya, tapi likopen yang merupakan salah satu jenis antioksidan terkuat. Bila Si Kecil terbiasa makan ini, tak hanya kebutuhan mineral dan vitaminnya terlengkapi, tapi tubuhnya jadi tak mudah terserang kanker dan penyakit terkait jantung. Untuk mengolah tomat menjadi menu MPASI, pastikan Moms memasak dengan cara mengukus tomat sebelum mencampurkannya dalam MPASI sehingga kandungan asamnya berkurang dan lebih aman untuk perut bayi.


4. Brokoli

Brokoli mengandung antioksidan dan nutrisi yang sangat baik buat tumbuh kembang bayi Anda. Brokoli punya banyak manfaat, misalnya untuk meningkatkan imunitas dan mencegah anemia. Moms bisa mulai memperkenalkan brokoli sebagai menu MPASI Si Kecil saat ia sudah berusia lebih dari 10 bulan. Cara mengolahnya, rebus brokoli hingga benar-benar empuk kemudian haluskan dan jadikan menu MPASI.


5. Labu Kuning

Selain bisa mengenyangkan karena kaya kalori namun rendah lemak, labu kuning juga mengandung serat yang menyehatkan bagi tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, E, zat besi, magnesium, kalium, folat, dan zinc berperan besar untuk tumbuh kembang Si Kecil. Untuk mengolahnya, Moms perlu mencuci labu kuning hingga bersih, kupas kulitnya, lalu potong-potong kecil-kecil daging buahnya, kemudian rebus atau kukus sehingga empuk untuk dimakan bayi Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   sayur








Cover Maret 2020