Mother&Baby Indonesia
Bayi Telat Tumbuh Gigi, Ketahui 6 Penyebabnya, Moms!

Bayi Telat Tumbuh Gigi, Ketahui 6 Penyebabnya, Moms!

Beda anak, tentu beda pula tumbuh kembangnya! Maka, jangan panik dulu kalau pertumbuhan anak lain lebih cepat dibandingkan anak Anda, Moms. Selain berjalan dan berbicara, salah satu contoh tumbuh kembang yang juga sering dibanding-bandingkan oleh para orang tua adalah pertumbuhan gigi.

Kalimat seperti “Duh, gigi anakku kok tidak sebanyak anak lain sih. Ini normal enggak, ya?” mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak Moms yang gigi anaknya mengalami telat tumbuh. Jika Moms salah satunya, hilangkan kekhawatiran tersebut dengan mengetahui fakta-fakta tumbuh gigi pada bayi di bawah ini.




Normal Terjadi

Menurut dr. Rouli Nababan, SpA, faktor genetik berperan penting dalam pertumbuhan gigi-geligi Si Kecil. Rata-rata, gigi pertama anak tumbuh di rentang usia 6-12 bulan. Jika gigi pertamanya tumbuh di atas usia 12 bulan, biasanya akan ada beberapa gigi yang tumbuh bersamaan sekaligus.

Ada bayi yang giginya baru tumbuh saat berusia 9 bulan, bahkan pada beberapa kasus pada usia menjelang 14 bulan. Namun jika di atas usia 12 bulan tak ada tanda-tanda gigi tumbuh sama sekali, sebaiknya Moms segera membawa Si Kecil ke dokter gigi. Dokter akan melakukan rontgen untuk melihat apakah ada benih gigi atau tidak.


Penyebab Bayi Telat Tumbuh Gigi


Mengutip laman CT Pediatric Dentistry, berikut ini beberapa penyebab bayi telat tumbuh gigi:

1. Genetik

Entah Moms atau Dads, mungkin pernah mengalami terlambat tumbuh gigi juga saat masih bayi. Ini bisa menurun pada anak Anda. Begitu juga jika Anda atau suami memiliki riwayat tumbuh gigi lebih cepat dari anak lainnya. Namun jika keterlambatan itu tidak berkaitan dengan masalah medis atau masalah perkembangan lainnya, maka jangan khawatir, karena bayi Anda akan segera menyusul anak lainnya kok, Moms.

2. Lahir Prematur

Bayi yang lahir prematur mungkin bisa mengalami telat tumbuh gigi, dan juga mengalami kerusakan enamel (pelapis gigi).

3. Berat Badan Lahir Rendah

Masalah yang sering disingkat menjadi BBLR ini juga bisa menyebabkan bayi Anda tumbuh gigi lebih lama dibandingkan anak-anak seusianya. 

4. Amelogenesis Imperfecta

Ini adalah masalah kesehatan genetik yang menyebabkan gigi anak telat tumbuh dan ketika tumbuh pun bentuknya tidak sempurna.

5. Malnutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral, khususnya kalsium dan vitamin D saat masih di dalam kandungan atau setelah lahir bisa menyebabkan gigi bayi telat tumbuh. 

6. Hypoactive Thyroid



Masalah yang satu ini juga bisa menunjukkan beberapa gejala, seperti mudah lelah, nyeri sendi, sakit kepala, dan anak Anda mungkin juga akan mengalami keterlambatan dalam berjalan.


Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi


0-3 Bulan

Pertumbuhan gigi pada bayi sudah terjadi sejak di dalam kandungan. Awalnya gigi pada bayi berupa tonjolan di sepanjang geraham atas dan bawah, yang mulai terbentuk saat janin berusia 6 minggu. Lalu, akan terbentuk jaringan keras di sekeliling cikal bakal gigi tersebut saat janin berumur 3-4 bulan. Calon gigi ini akan tetap 'bersembunyi' di dalam geraham, sampai bayi lahir dan mencapai umur sekitar 4-7 bulan.

4-6 Bulan

Pada beberapa anak, gigi bayi mulai menampakkan diri di usia 3 bulan. Namun pada kebanyakan bayi, gigi pertama atau gigi susu mulai terlihat pada usia 6 bulan. Pertumbuhan gigi pertama ini disebut erupsi gigi. Umumnya gigi pertama tumbuh secara berpasangan, dimulai dari gigi seri bawah dan atas tengah hingga mencapai 4 buah.

6-12 Bulan

Ketika bayi berusia 12 bulan, gigi serinya akan bertambah menjadi 8 buah, melengkapi keempat gigi seri yang sudah tumbuh lebih dulu. Setiap gigi seri memiliki tepian pemotong yang tipis. Ibarat gunting, gigi seri berfungsi untuk memotong makanan.


Fun Facts!


• Beberapa bayi terlahir dengan beberapa gigi! Dental Place West Borough mengatakan 1 dari 3.000 bayi terlahir dengan gigi neonatal.

• Di usia 2-3 tahun, semua gigi bayi (yang berjumlah 20 buah) akan tumbuh sempurna.

• Gigi pertama yang tumbuh biasanya 2 gigi terdepan, yang disebut gigi incisors. Umumnya yang tumbuh adalah 2 gigi incisors bawah, baru kemudian gigi incisors atas.

• Studi menunjukan 40 persen anak memiliki karies (lubang gigi) saat masih bayi. Ini sebabnya membersihkan gusi dan gigi bayi setelah minum susu sangat penting, Moms.

• Si Kecil baru boleh sikat gigi dengan pasta gigi berflouride setelah usianya 3 tahun ke atas.

• Gigi permanen atau gigi dewasa pertama bisa tumbuh ketika usia anak 6 tahun. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   gigi,   gigi bayi,   mulut,   pertumbuhan gigi bayi








Cover Januari - Februari 2020