Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Menggunakan Baking Soda untuk Bayi

5 Manfaat Menggunakan Baking Soda untuk Bayi

Baking soda merupakan bahan yang biasa dipakai saat proses pembuatan kue. Namun selain untuk membuat kue, baking soda juga menjadi produk serbaguna yang dapat digunakan untuk banyak kebutuhan, mulai dari kebutuhan rumah tangga, perawatan kulit, bahkan untuk kebutuhan dan perawatan bayi sekalipun.

Nah, tentunya Anda penasaran, apa saja sih, manfaat baking soda untuk bayi Anda? Dikutip dari berbagai sumber, berikut kegunaan baking soda untuk perawatan Si Kecil, Moms.

1. Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok yang menyebabkan iritasi pada kulit bagian bokong, lipatan paha, atau sekitar alat kelamin, sangat lumrah terjadi pada bayi. Kondisi ini membuat bayi Anda akan merasa tidak nyaman dan bisa berbahaya bagi kesehatan kulit Si Kecil.



Mengutip dari Healthline, penggunaan baking soda ternyata dapat membantu mengatasi ruam popok yang dialami Si Kecil karena dapat menenangkan kuiltnya. Moms bisa tambahkan sekitar dua sendok makan baking soda ke bak mandi, dan kemudian rendam bokong bayi Anda di dalamnya selama sepuluh menit. Lakukan ini sebanyak 3 kali sehari. Setelah itu, pastikan setelah itu bokong bayi dalam keadaan benar-benar kering sebelum Anda kembali memakaikan Si Kecil popok untuk mencegah iritasi lainnya.

2. Membersihkan Perlengkapan Bayi

Melansir laman FirstCry Parenting, baking soda dapat menjadi bahan pembersih yang sangat baik karena bisa menghilangkan bakteri. Moms bisa membuat larutan perendaman yang terdiri dari 4 sendok makan baking soda untuk 1 liter air. Kemudian, rendam peralatan menyusu dan makan bayi, seperti botol, dot, dan perlengkapan lainnya ke dalam campuran rendaman tersebut semalaman untuk menghilangkan noda membandel dan kotoran.

Keesokan harinya, cukup cuci dengan sabun dan air, dan Anda memiliki botol bersih! First Cry juga merekomendasikan penggunaan campuran yang sama untuk membersihkan mainan bayi Anda. Cukup celupkan kain lap ke dalam larutan, seka mainan Si Kecil, lalu bilas.

3. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Popok Si Kecil yang sudah penuh akan menimbulkan bau tak sedap. Untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut, FirstCry Parenting menyarankan Moms untuk menaburkan baking soda pada tempat popoknya yang kotor (diaper pail), baik itu popok sekali pakai ataupun popok kain. Baking soda akan membantu menghilangkan bau yang timbul dari popok yang sudah kotor tersebut, hingga waktunya Anda membuang popok sekali pakai atau mencuci popok kain kembali. Cara yang sama juga bisa Anda lakukan untuk membersihkan boneka Si Kecil dan membuatnya kembali segar. Taburkan baking soda selama 15 menit, lalu sikat dan bersihkan bonekanya.



4. Menenangkan Iritasi pada Kulit

Mengutip Parents Magazine, baking soda bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang terkena sengatan matahari. “Baking soda memiliki pH basa kurang lebih 9, sedangkan pH tubuh kita sedikit asam (sekitar 5), sehingga orang sering menggunakannya untuk berbagai kondisi kulit guna menetralkan pH kulit,” kata Lauren Ploch, MD, seorang dokter kulit di Augusta, Georgia.

Selain dengan memasukkan baking soda ke dalam bak berisi air hangat dan membiarkan anak berendam selama 10-15 menit, dr. Ploch juga menjelaskan bahwa Moms pasta baking soda yang dicampur air dengan rasio 1:2 (misalnya 2 sendok makan baking soda dengan 4 sendok makan air). “Campur sampai mengental dan oleskan pasta ke kulit yang terbakar matahari, biarkan selama sekitar 10 menit, dan ulangi seperlunya,” jelas dr. Ploch. Namun, jika luka bakar melepuh, mengelupas, memiliki luka terbuka, atau ada tanda-tanda infeksi, segera temui dokter.

5. Membersihkan Noda Membandel

Saat sistem pencernaannya sudah matang, Si Kecil cenderung suka meludah atau muntah. Jika bayi Anda sakit dan muntah di dalam mobil, Parents Magazine merekomendasikan Moms untuk mengelap noda tersebut, kemudian mengoleskan baking soda dalam jumlah banyak pada noda dan diamkan semalaman, lalu bersihkan dengan vacuum clener. Selain membantu membersihkan noda, baking soda juga dapat menetralkan bau tak sedap.

Perhatikan Hal Ini, Moms!

Bayi Anda memiliki kulit yang sangat sensitif. Untuk itu, hindari penggunaan baking soda pada bayi berusia di bawah 6 bulan. Bila Anda ingin memanfaatkan baking soda untuk perawatan tubuhnya, gunakan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu dan pastikan Si Kecil tidak memiliki reaksi apa pun terhadap pemakaian baking soda. Agar lebih aman, Moms sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu penggunaan baking soda pada bayi dengan dokter anak. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: baking soda,   bayi