Mother&Baby Indonesia
Bayi Susah BAB? Coba Pijat Gowes Sepeda ala Mona Ratuliu

Bayi Susah BAB? Coba Pijat Gowes Sepeda ala Mona Ratuliu

Ketika Si Kecil mulai diberikan MPASI, masalah bayi sulit BAB mungkin saja terjadi. Atau sebenarnya bayi bukan sulit BAB, tetapi perubahan tekstur kotoran yang sedikit lebih padat membuat Si Kecil harus sedikit lebih berusaha saat mengejan. Perubahan inilah yang mungkin membuat bayi lebih rewel saat tiba waktunya BAB. Seperti yang dialami Numa Kamala, putri bungsu dari pasangan selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco.

Uniknya, Mona punya trik ampuh untuk mengatasi Numa saat susah BAB, yaitu pijatan gowes sepeda yang unik dan terbukti efektif! Seperti apa pijat gowes sepeda ala Mona Ratuliu? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Pijat Gowes

Walau tanpa sepeda sungguhan, namun gerakan gowes atau mengayuh sepeda memberikan manfaat untuk Si Kecil lho, Moms. Gerakan sederhana ini ternyata efektif membantu mengatasi sembelit atau susah BAB pada bayi. Cara ini juga dilakukan oleh Mona Ratuliu ketika putri bungsunya sembelit setelah beberapa hari mencoba MPASI.



Seperti apa sih pijatan gowes sepeda ini? Gampang banget, Moms. Saat bayi terlihat sedang mengejan untuk BAB, Moms posisikan bayi menghadap Anda, kemudian gerakkan kedua kakinya hingga bergerak seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakkan dengan memegang telapak dan punggung kaki bayi, hingga paha dan lututnya menekan area perut bayi.

Lakukan dengan lembut secara bergantian antara kaki kanan dan kiri ya, Moms. Tekanan paha dan lutut pada perut bayi dapat membantu melancarkan proses BAB, sehingga bayi tidak perlu repot mengejan lebih kencang.

“Pas Numa ngeden, bunda bantu Numa dengan tekuk lututnya ke arah perut supaya Numa lebih gampang keluarin pup-nya. So far berhasil bantu Numa pup walau baru keluar sedikit-sedikit tapi sering,” tulis Mona di caption Instagram (26/11/20).

Cara Lain untuk Meredakan Konstipasi

Selain pijat gowes sepeda, Mona juga memberikan pijatan I Love U untuk mempermudah bayinya BAB. Ingin mencobanya juga? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Telentangkan Si Kecil di atas tempat yang nyaman.



2. Usap perutnya dengan baby oil secukupnya lalu pijat perlahan menggunakan jemari Anda membentuk huruf I. Lakukanlah dari perut bagian kiri atas ke bawah.

3. Kemudian bentuk huruf L terbalik dengan memijat perutnya dari bagian kiri atas ke kanan atas, lalu ke kanan bawah.

4. Terakhir, bentuk huruf U terbalik dari perut bagian kanan bawah ke arah atas, lalu ke kiri atas, dan ke bawah.

5. Tambahkan gerakan seperti mengayuh sepeda pada kaki Si Kecil untuk memicunya buang air besar.

Nah, mana yang lebih efektif untuk bayi Anda, pijat I Love U atau pijat gowes sepeda? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: konstipasi,   sembelit,   mpasi,   bayi,   kesehatan,   pencernaan