Mother&Baby Indonesia
Hati-hati, Apel Juga Bisa Sebabkan Alergi pada Bayi Anda

Hati-hati, Apel Juga Bisa Sebabkan Alergi pada Bayi Anda

Buah merupakan salah satu sumber makanan yang kaya nutrisi dan baik untuk Si Kecil. Meskipun begitu, ternyata buah juga bisa menjadi pemicu alergi pada bayi Anda, Moms. Selain pisang, apel juga bisa menyebabkan alergi pada anak.

Alergi apel ini terjadi ketika tubuh Si Kecil bereaksi terhadap buah tersebut, baik saat dikonsumsi secara utuh maupun dalam jumlah sedikit. Makanan atau minuman yang mengandung apel juga perlu diwaspadai menjadi pemicu alergi. Sama seperti alergi makanan lainnya, alergi apel dapat terjadi dalam berbagai bentuk pada tiap anak. Jumlah apel yang bisa memicu reaksi alergi juga bisa berbeda-beda pada tiap anak.

Bagaimana Alergi Apel Bisa Terjadi?

Melansir laman Healthline, alergi apel dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Pertama, ada alergi apel yang dipicu oleh alergi serbuk sari birch atau Betula. Hal ini dikarenakan kesamaan protein yang ditemukan dalam apel yang berkaitan dengan protein dalam birch yang bisa menyebabkan alergi serbuk sari birch. Apel juga diketahui pembawa serbuk sari yang bisa menyebabkan reaksi dalam tubuh bayi.



Alergi apel jenis ini sering terjadi di daerah yang terdapat banyak pohon birch, seperti di Eropa Tengah dan Eropa Utara. Jika Si Kecil memiliki jenis alergi apel yang satu ini, memasak atau mengolah buah tersebut sebelum dikonsumsi seringkali dapat membantu menghancurkan alergen dan mencegah terjadinya reaksi alergi.

Kedua, ada alergi apel yang terkait dengan alergi persik. Ini disebabkan alergen dalam jenis alergi ini serupa pada buah persik dan apel. Jika Si Kecil mengalami alergi ini, ia mungkin juga akan alergi terhadap buah dan jenis kacang-kacangan lain, seperti plum, aprikot, pisang, melon, ceri, kenari, dan hazelnut. Selain itu ada pula sayur yang sebaiknya dihindari, seperti seledri dan wortel.

Bila dengan mengolah atau memasak apel bisa menghancurkan alergen dan mencegah reaksi alergi saat seseorang mengalami alergi apel yang dipicu oleh alergi serbuk sari birch, sayangnya pada alergi apel yang terkait dengan alergi persik, hal tersebut tidak berlaku karena biasanya mengolah atau memasak apel tidak akan menghilangkan gejala reaksi alergi pada jenis alergi apel yang satu ini.

Apa Saja Gejala Alergi Apel pada Bayi?

Gejala reaksi alergi apel pada bayi mungkin tidak terlihat saat Si Kecil pertama kali mengonsumsi apel. Namun, pada kesempatan berikutnya, jika ada alergi, bayi Anda akan mengalami tiga masalah utama yang menunjukkan gejalanya masing-masing yaitu:

1. Reaksi pada kulit

Reaksi kulit akibat alergi apel ini menunjukkan gejala seperti:

• Kulit gatal dan merah

• Hives atau biduran

• Terjadi pembengkakan pada wajah

• Kelopak mata bengkak

• Ruam.



2. Masalah pernapasan

Alergi apel pada bayi bisa menyebabkan masalah pernapasan yang bahkan dapat mengancam jiwa Si Kecil. Waspadai gejalanya seperti:

• Bibir bengkak

• Mulut bengkak

• Tenggorokan bengkak sehingga Si Kecil sulit menelan

• Kesulitan bernapas akibat peradangan saluran pernapasan.

3. Masalah pencernaan

Seperti alergi lainnya, alergi apel juga bisa menyebabkan masalah pencernaan pada bayi yang gejalanya meliputi:

• Muntah

• Diare

• Kram perut.

Setelah mengetahui gejala alergi apel pada bayi seperti di atas, maka cara terbaik untuk menghindari reaksi alergi ini adalah dengan menghindari makanan yang memicu reaksi tersebut. Pastikan Anda mengetahui sejauh mana kondisi alergi apel ini pada bayi Anda dan sebaiknya hindari pemberian apel meski dalam jumlah sedikit sekalipun. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   apel,   alergi,   alergi apel