Mother&Baby Indonesia
3 Tips Pilih Produk Plastik yang Aman Digunakan buat Bayi

3 Tips Pilih Produk Plastik yang Aman Digunakan buat Bayi

Sebagai orang tua, tentu sangat penting buat Moms untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, menstimulasi dan memantau tumbuh kembangnya, serta menjaga kesehatan Si Kecil. Nah, salah satu cara untuk menjaga kesehatan Si Kecil adalah dengan berhati-hati dalam memilih wadah plastik. Pasalnya, tidak semua wadah plastik aman untuk dijadikan tempat penyimpanan makanan dan minuman buat bayi.

Tidak berhati-hati dalam memilih wadah plastik dapat membuat makanan dan minuman Si Kecil terkontaminasi dengan zat kimia yang berbahaya untuk kesehatannya, Moms. Lantas, bagaimana mengetahui produk plastik yang aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman? Simak tipsnya di bawah ini, yuk Moms!



1. Periksa Kode BPA pada Produk Plastik

BPA (bisphenol-A) merupakan zat kimia yang biasa digunakan dalam produk plastik dan resin. Zat kimia satu ini dikategorikan sebagai bahan yang tidak stabil dan beracun, sehingga bisa menyebabkan sejumlah kecil zat kimia terlepas ke dalam makanan atau minuman yang Anda simpan di dalam produk plastik tersebut. Zat kimia ini juga dikaitkan sebagai salah satu penyebab penyakit kanker.

Untuk menghindari hal tersebut, periksalah simbol berbentuk segitiga pada bagian bawah produk plastik yang ingin Anda beli, Moms. Pada bagian tengah simbol segitiga tersebut terdapat sebuah angka. Angka 1, 2, 4, dan 5 adalah pilihan produk plastik yang aman digunakan sebagai tempat penyimpanan karena terbebas dari zat kimia BPA.



Sementara itu, jika terdapat angka 3, 6, 7 di tengah simbol segitiga, artinya produk plastik tersebut mengandung zat kimia BPA yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga sebaiknya tidak Anda pilih sebagai tempat untuk menyimpan makanan maupun minuman. Cara yang lebih pilih, Anda bisa langsung memilih produk plastik yang berlabel BPA Free.

2. Pilih Produk Plastik yang Berlabel Food Grade

Tak hanya penting untuk memilih produk plastik yang berlabel BPA Free, Anda juga perlu untuk memilih produk plastik yang memiliki simbol Food Grade (biasanya dilambangkan dengan gambar sendok dan garpu). Mengapa? Ini karena, produk plastik yang memiliki simbol Food Grade artinya telah teruji aman untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan atau minuman. Bahan ini juga dianggap tidak mengandung bahan yang dapat mengontaminasi makanan atau minuman Anda dengan zat kimia berbahaya.

3. Pilih Produk Plastik yang Berkode PP

PP (polypropylene) merupakan pilihan bahan plastik terbaik untuk tempat menyimpan makanan bayi dan botol minum Si Kecil. Material plastik ini diketahui tidak akan bereaksi terhadap makanan atau minuman yang ada di dalamnya. Bahan ini juga dikenal lebih stabil terhadap suhu tinggi, lebih kuat, tapi tetap ringan. Jadi saat hendak memilih wadah plastik untuk menyimpan makanan bayi, cek dulu apakah ada logo PP di bagian bawah wadah plastik ya, Moms.

Itulah 3 tips memilih produk plastik yang aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Yuk Moms, mulai sekarang selalu cek terlebih dahulu sebelum membeli produk plastik, dan jangan lupa untuk memeriksa ulang semua wadah plastik yang ada di rumah, apakah sudah aman untuk digunakan? (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   produk plastik,   wadah plastik aman