Mother&Baby Indonesia
Bagaimana Manfaatkan Gadget Tanpa Bikin Anak Ketergantungan?

Bagaimana Manfaatkan Gadget Tanpa Bikin Anak Ketergantungan?

T: Dear Diana, saya dan suami merupakan orang tua bekerja. Setiap hari kami meninggalkan anak yang berusia 3 tahun di rumah bersama pengasuh. Untuk menjaga komunikasi dengan Si Kecil, kami memanfaatkan smartphone. Selain itu, gadget ini juga menjadi mainan bagi Si Kecil.

Masalahnya, akhir-akhir ini Si Kecil makin menunjukkan ketergantungan terhadap gadget. Pagi hari saat baru bangun tidur, misalnya, hal pertama yang dicarinya adalah gadget. Saat makan pun Si Kecil hanya mau makan jika “Ditemani” gadget. Ketika gadget diambil, ia akan panik dan berteriak-teriak histeris. Bagaimana mengatasinya? Bagaimana cara yang mesti kami lakukan agar bisa memanfaatkan gadget tanpa membuat Si Kecil ketergantungan pada gadget?

J: Dear Mom, Memang Si Kecil mudah sekali tergantung pada smartphone atau jenis gadget lainnya. Saat menggunakan gadget, ada cahaya yang keluar dari layar, sehingga membuat ia mudah terfokus pada layar. Ada juga suara dan gerakan yang bisa ia tonton. Jika bosan, ia bisa mengganti apa yang ia lihat sesuka hatinya.



Namun sebenarnya, anak-anak secara natural senang sekali bergerak. Bila sudah bermain, ia akan lupa dengan gadget-nya. Jadi, cobalah ajak Si Kecil untuk banyak bergerak, seperti main sepeda, main bola, menari, dan sebagainya. Bisa juga lho, ia diberikan les olahraga seperti berenang. Kemudian berikan pula mainan yang membuat ia bergerak, seperti lego, membuat art&craft, dan lain-lain.

Memang semua hal tersebut harus sabar Anda lakukan pada awalnya, karena Si Kecil sudah terbiasa dengan gadget. Namun bila Anda dan suami tekun, maka ia pasti akan melupakan gadget-nya dan mulai melakukan aktivitas lain yang menarik hatinya. Anda dan suami juga harus aktif beraktivitas saat akhir pekan bersama Si Kecil dan tidak bermain gadget saat bersamanya agar Si Kecil melihat Anda dan mencontoh apa yang Anda lakukan.



Yang penting juga, beri pengasuh pengertian untuk lebih antusias mengajak Si Kecil beraktivitas, karena sehari-hari sang pengasuhlah yang berperan besar dalam mengajak Si Kecil untuk tidak menggunakan gadget-nya terus-terusan.

Jika Si Kecil terus-terusan bergantung pada gadget, maka dikhawatirkan fokusnya akan menjadi kurang baik saat ia besar nanti, Moms. Kesehatan mata Si Kecil pun juga bisa terganggu, begitu pula dengan ketahanan tubuhnya. Jadi, sering-seringlah ajak Si Kecil bermain bersama dan melakukan aktivitas fisik ya, Moms!

Dijawab oleh Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, M.HPEd, Psikolog (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   gadget,   anak ketergantungan pada gadget