Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Fashion Lokal yang Eco-Friendly untuk Keluarga

Rekomendasi Fashion Lokal yang Eco-Friendly untuk Keluarga

Menjaga kelestarian bumi memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa memulainya dengan mengurangi konsumsi listrik, melakukan 3R (reduce, reuse, recycle) pada sampah rumah tangga, hingga menanam beragam tanaman di rumah.

Selain itu, Moms pun dapat mengubah benda-benda yang dipakai, seperti baju, sepatu, hingga tas ke produk yang lebih ramah lingkungan. Tapi di mana kita bisa mencari produk fashion yang ramah lingkungan? Anda bisa mengintip beragam koleksi dari akun-akun yang mendukung gerakan eco-friendly, khususnya dalam hal fashion, berikut ini, Moms.



1. @sarestudio

Sebagai salah satu brand yang mengenalkan konsep Work-At-Home wear, SARE Studio akhirnya meluncurkan pakaian dengan material berasal dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Dalam koleksi terbarunya, SARE menggunakan bahan dari serat alami Lenzing ECOvero. Bahan ini akan membuat pakain lebih ringan dan sejuk, sehingga nyaman dipakai saat tidur ataupun beraktivitas, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

2. @haku_id

Tak hanya pakaian, sepatu juga bisa dibuat dari bahan yang eco-friendly. Haku menjadi salah satu akun yang memiliki beragam homemade vegan shoes. Produk alas kaki mereka dibuat dari vegan leather, vegan suede, atau bahan lain yang menggantikan bahan kulit asli. Selain ringan, nyaman, dan cruelty-free, produk ini juga hadir dengan desain feminin dan bisa dipakai, baik untuk acara santai maupun formal.

3. @cintabumiartisans

Dilansir dari Cosmopolitan.co.id, beragam produk dari Cinta Bumi Artisans dihasilkan dari penggunaan material kulit kayu ranta atau barkcloth yang berasal dari Lembah Bada, Sulawesi Tengah. Kain dan serat alaminya pun dihasilkan melalui proses yang etis serta pewarnaan alami. Jadi, Moms bisa memiliki tote bag, pouch, clutch, aksesori, hingga koleksi tekstil yang ramah lingkungan, sekaligus membantu pengrajin dari daerah penghasilnya. Keren banget!



4. @sukkhacitta

Koleksi pakaian sustainable yang tak kalah cantik juga dimiliki oleh Sukkha Citta. Di balik desain baju yang cantik untuk Moms dan Si Kecil ini, ada ratusan pengrajin dan petani dari sejumlah desa di Jawa, Kalimantan, Bali, dan Flores yang akan terbantu jika Anda memiliki produk tersebut dan memakainya saat beraktivitas.

5. @sejauh_mata_memandang

Sebagai salah satu brand lokal yang menghadirkan item eco-friendly, Sejauh Mata Memandang menggunakan bahan seperti katun, linen, dan Tencel. Selain itu, mereka juga memanfaatkan tekstil daur ulang yang terbuat dari limbah pra-konsumsi yang diproses menjadi bahan baru, sehingga mendorong ke arah sirkularitas dan melindungi hutan purba yang terancam punah. Koleksi produk mereka yang terdiri dari beragam atasan, bawahan, hingga luaran, selain indah juga akan membuat Moms nyaman saat mengenakannya.

Dengan mengoleksi beragam fashion item dari akun-akun tersebut, Moms dan anggota keluarga termasuk Si Kecil sudah turut menjaga dunia agar tetap hijau dan lestari. Selain mengurangi limbah dari bahan pembuatnya (serat konvensional), Anda tetap bisa memiliki penampilan terbaik saat beraktivitas. (Vonia Lucky/SW/Dok. Collection by Sare Studio, @sarestudio, @haku_id, @cintabumiartisans, @sukkhacitta, @sejauh_mata_memandang)



Tags: rekomendasi,   fashion,   baju,   sepatu,   scarf,   eco-friendly,   ramah lingkungan