Mother&Baby Indonesia
6 Manfaat Konsumsi Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin

6 Manfaat Konsumsi Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin

Kehamilan yang Anda jalani harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup untuk kesehatan Anda dan tumbuh kembang janin yang optimal. Moms juga sebaiknya mengonsumsi vitamin secara lengkap untuk mendukung kehamilan Anda. Salah satu vitamin yang diperlukan untuk menunjang kondisi kehamilan yang sehat adalah vitamin D.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Ibu hamil juga sebaiknya mengonsumsi vitamin D yang bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Kekurangan vitamin D bisa memberikan dampak negatif janin sehingga tidak tumbuh secara maksimal. Lalu apa saja manfaat vitamin D untuk kehamilan dan apa dampaknya jika bumil kekurangan vitamin D? Berikut penjelasannya, Moms.

1. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi Janin

Vitamin D berperan dalam memacu penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Kedua mineral ini sangat penting untuk membantu membentuk jaringan tulang dan gigi janin. Kekurangan vitamin D saat hamil bisa membuat janin berisiko terkena penyakit rakitis, yaitu kelainan pertumbuhan tulang pada anak yang akibat kekurangan vitamin D. Rakitis dapat menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh sehingga mudah patah.



2. Meningkatkan Kecerdasan Janin

Ingin Si Kecil cerdas? Cukupilah kebutuhan vitamin D semasa Anda hamil. Selain membantu penyerapan kalsium yang penting untuk pembentukan tulang, vitamin D juga dapat meningkatkan kecerdasan janin, lho. Vitamin D terbukti secara ilmiah berpengaruh dalam perkembangan otak janin di kandungan. Kekurangan vitamin D bisa berisiko merusak kesehatan otak janin dan bahkan menyebabkan kecacatan.

3. Mencegah Anak dari Gejala Autisme

Sebuah penelitian di University of Queensland’s Brain Institute, Australia, menemukan bahwa ibu hamil yang kekurangan vitamin D cenderung melahirkan anak dengan gejala autisme. Hubungan ini terlihat dari sampel darah 4.000 orang ibu hamil dan anaknya. Kemudian didapatkan hasil di mana ibu yang kurang mengonsumsi vitamin D saat usia kehamilan 20 minggu cenderung memiliki anak dengan gejala autis yang tampak pada usia 6 tahun.

4. Membantu Anak Punya Otot Lebih Kuat

Menurut sebuah penelitian di Inggris, anak-anak dengan ibu yang cukup mengonsumsi vitamin D saat hamil akan memiliki kekuatan otot yang lebih baik. Penelitian yang melibatkan 600 ibu dan anak ini menunjukkan bahwa pada usia 4 tahun, anak-anak dengan ibu yang cukup mengonsumsi vitamin D pada akhir kehamilan, memiliki genggaman tangan lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang ibunya mengonsumsi vitamin D dengan dosis lebih rendah daripada semestinya.



5. Mengurangi Risiko Diabetes Gestasional dan Preeklamsia 

Beberapa studi mengungkapkan bahwa asupan vitamin D yang cukup selama hamil bisa mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi akibat diabetes gestasional. Sementara menurut sejumlah penelitian, ibu hamil yang kekurangan vitamin D juga lebih berisiko mengalami preeklamsia. Karena itu, Moms disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D sehingga terhindar dari risiko diabetes gestasional dan preeklamsia.

6. Mengurangi Nyeri saat Persalinan

Menurut sebuah riset, ibu yang kekurangan vitamin D akan mengalami persalinan yang lebih menyakitkan. Riset dilakukan dengan mengukur kadar vitamin D dalam tubuh 93 orang ibu hamil yang meminta obat penghilang rasa sakit jenis epidural selama proses persalinan. Dari riset ini terungkap fakta bahwa ibu yang memiliki kadar vitamin D rendah adalah yang paling banyak membutuhkan epidural saat bersalin.

Sumber Vitamin D untuk Tubuh

Vitamin D sendiri bisa didapatkan dari berbagai sumber, tetapi sebagian besar berasal dari matahari. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan sehari-hari, misalnya ikan, terutama ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, udang, susu, sereal, telur, dan jamur.

Kebutuhan vitamin D pada manusia normal sebanyak 100-300 international unit (IU). Namun ibu hamil membutuhkan jumlah asupan vitamin D yang lebih banyak. Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2019, jumlah asupan vitamin D yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah sekitar 15 mikrogram (mcg) atau 600 IU per harinya. Untuk kebutuhan vitamin D yang perlu dicukupi selama kehamilan, Moms sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: vitamin d,   kehamilan,   ibu hamil,   janin