Mother&Baby Indonesia
Ampuh! 9 Obat Pilek Alami untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Ampuh! 9 Obat Pilek Alami untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Moms, saat Anda hamil, setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi bisa memengaruhi janin atau komposisi ASI yang diproduksi jika Anda sudah menyusui. Ini juga berlaku saat Moms minum obat, lho. Beberapa kandungan obat tertentu dikhawatirkan juga bisa memengaruhi janin dan ASI, jadi sebisa mungkin Moms harus menghindari minum obat, apalagi tanpa resep dokter.

Lalu, bagaimana jika ibu hamil dan ibu menyusui pilek? Duh, pasti sangat mengganggu, ya. Pasalnya, tak hanya membuat hidung tersumbat sehingga Moms tidak bisa bernapas dengan nyaman, pilek juga sering kali membuat Moms sakit kepala.



Tapi tenang Moms, jangan buru-buru minum obat. Moms bisa mencoba terlebih dahulu natural remedy atau obat alami yang ampuh mengatasi pilek dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui seperti berikut:

1. Air Hangat

Untuk sementara, hindari dahulu minum air dingin atau air es ya, Moms. Cara termudah untuk melegakan hidung tersumbat dan tenggorokan Moms yang sakit saat pilek adalah dengan minum lebih banyak air hangat!

2. Buah dan Sayuran Segar

Saat pilek, Moms perlu ekstra vitamin C untuk membantu menguatkan sistem imun tubuh. Nah, buah segar yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, pepaya, apel, mangga, dan jambu biji bisa menjadi pilihan yang efektif dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil atau ibu menyusui yang sedang pilek. Selain buah, Moms juga bisa mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin C seperti brokoli, kembang kol, atau kubis.



3. Madu

Khasiat madu untuk kesehatan tubuh tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk mengatasi pilek. Ya, madu mengandung antioksidan alami yang ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Moms bisa mengonsumsi 1 sendok makan madu murni secara langsung setiap pagi, atau mencampurkan 2 sendok teh madu dengan perasan lemon dan air putih hangat lalu mengonsumsinya dua kali sehari. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon mampu membantu Moms melawan virus flu.

4. Jahe

Jahe mengandung gingerol, mineral, dan antioksidan yang memiliki sifat mengobati alami dan meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit, termasuk virus flu. Moms bisa menambahkan jahe bubuk atau parutan jahe segar secukupnya pada teh hangat untuk membantu melegakan pernapasan, mengencerkan dahak, serta menghangatkan tubuh dan melancarkan peredaran darah Anda.

5. Bawang Putih

Bawang putih yang umumnya Moms gunakan sebagai bumbu masak juga terbukti ampuh untuk mengatasi pilek bagi ibu hamil dan menyusui, lho. Caranya, kupas dan cuci bersih bawang putih dan konsumsi mentah-mentah. Jika tak tahan dengan aromanya yang menyengat, Moms bisa merebusnya sebentar atau mengonsumsinya bersama madu.

6. Yoghurt

Tak hanya lezat, yoghurt juga kaya akan probiotik yang baik untuk dikonsumsi saat Anda sedang pilek, lho. Pilih yoghurt plain agar tak terlalu banyak tambahan gula pada yoghurt yang Anda konsumsi. Alternatif lainnya, Moms bisa menambahkan potongan buah segar atau madu secukupnya.

7. Kaldu Hangat

Saat pilek, biasanya nafsu makan juga ikut menurun. Nah, makanan berkuah dan hangat bisa mengembalikan nafsu makan Anda. Moms bisa memilih menu seperti sup kaldu ayam atau sayuran yang tak hanya mengembalikan nafsu makan, tapi sekaligus meredakan gatal di area tenggorokan juga menjadi sumber energi bagi Anda untuk melawan virus flu.

8. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga memiliki sifat menyembuhkan, antiinflamasi dan antimikroba sehingga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan sumber penyakit. Parut setengah ruas jari kunyit, lalu masukkan ke dalam teh atau air hangat. Moms juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

9. Daun Thyme

Rempah daun yang biasanya dipakai dalam hidangan Barat ini ternyata bisa dimanfaatkan juga lho, untuk obat pilek alami yang aman bagi ibu hamil dan menyusui. Caranya, haluskan segenggam daun thyme lalu campur dengan 1,5 gelas air panas matang. Aduk-aduk sampai larut dan minum secara teratur 2-3 kali sehari.  Agar rasanya lebih enak, Moms bisa menambahkan perasan air lemon atau madu secukupnya.

Nah Moms, itulah beberapa alternatif obat alami untuk mengatasi pilek saat Moms sedang hamil atau menyusui. Namun, jika pilek justru semakin parah dan terasa semakin mengganggu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu hamil,   ibu menyusui,   pilek,   obat alami