Mother&Baby Indonesia
Ini Dia Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Selama Trimester Ketiga

Ini Dia Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Selama Trimester Ketiga

Sangat penting untuk memperhatikan apa yang Anda konsumsi selama masa kehamilan. Alasannya, asupan makanan dan minuman Anda selama hamil dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan dan kesehatan tubuh Anda sendiri.

Namun, seiring dengan perkembangan Si Kecil di dalam perut, kebutuhan gizi yang Moms perlukan juga akan berubah. Sebabnya, kebutuhan tubuh Anda dan Si Kecil akan berubah dari waktu ke waktu. Untuk itu, mengetahui kebutuhan gizi yang sesuai di tiap trimesternya sangat penting, Moms.



Kali ini M&B sudah merangkum kebutuhan gizi yang perlu Anda penuhi selama hamil di trimester ketiga. Yuk, simak penjelasannya berikut!

Kalori dan Karbohidrat

Tidak ada alasan untuk mengurangi kalori Anda di trimester 3, Moms. Soalnya, Anda memerlukan semakin banyak energi untuk membawa Si Kecil yang makin besar dan berat di dalam perut Anda, serta mempersiapkan diri untuk proses persalinan kelak. Si Kecil juga masih butuh banyak energi untuk memaksimalkan perkembangan tubuhnya. Moms bisa konsumsi 300-350 kalori tambahan per harinya dengan memakan nasi, roti, gandum, kentang, ubi, dan jagung.

Kalsium

Pada usia kehamilan ini, tulang dan otot Si Kecil semakin padat. Sistem sarafnya pun semakin sempurna. Oleh karena itu, Moms jangan lupa mengonsumsi cukup kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan penyempurnaan saraf Si Kecil. Selain itu, jika Moms tak cukup memberikan kalsium yang dibutuhkan oleh Si Kecil, maka secara alami ia akan mengambilnya dari pasokan kalsium di tulang Anda. Hasilnya, Anda akan rentan mengalami osteoporosis kelak. Moms bisa konsumsi kalsium sekitar seribu miligram sehari dengan mengonsumsi semua produk turunan susu, kedelai, dan sayur-sayuran berwarna seperti brokoli.

Lemak

Mengonsumsi lemak sehat, khususnya asam lemak omega-3, sangat penting saat usia kehamilan mencapai trimester ketiga. pasalnya, otak Si Kecil terus berkembang dengan sangat pesat pada periode ini, bahkan sudah mulai bekerja. Moms bisa konsumsi 250 miligram omega-3 per hari dengan memakan ikan-ikan berlemak, seperti ikan salmon dan makerel.



Zat Besi

Persalinan semakin dekat, Moms dan Si Kecil perlu semakin bersiap untuk menghadapinya. Karena itu, jangan sampai kekurangan asupan zat besi ya, Moms. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan Moms mengalami anemia, memengaruhi fungsi dan kesehatan plasenta, bahkan terkadang bisa membahayakan janin! Moms bisa konsumsi zat besi sebanyak 40-50 miligram per hari dengan mengonsumsi hati ayam dan sapi, daging sapi, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Kolin

Layaknya asam lemak omega-3, kolin sangat diperlukan untuk membantu mendukung perkembangan dan penyempurnaan otak Si Kecil. Ada banyak penelitian yang menunjukkan pengaruh kolin pada perkembangan otak bayi. Untuk itu, Moms perlu konsumsi kolin sebanyak 450 miligram per hari dengan mengonsumsi daging sapi, susu, ikan berlemak, telur, kacang, kedelai, kol, bayam, gandum, dan pisang.

Yodium

Mikronutrien ini sangat penting bagi pertumbuhan Si Kecil di trimester ketiga. Pasalnya, yodium bisa membantu perkembangan otak Si Kecil semakin optimal serta mengontrol metabolisme tubuh dalam pembentukan sel-sel baru. Moms perlu asupan 175 mikrogram yodium per hari. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi garam beryodium.

Vitamin

Mengonsumsi berbagai vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, C, dan D, selama trimester ketiga juga tak kalah penting dibandingkan dengan jenis gizi lainnya. Kelengkapan vitamin bisa membantu menjaga seluruh organ tubuh bisa berfungsi optimal, menjaga imunitas tubuh, membantu menyediakan energi, serta membantu membentuk jaringan tubuh janin. Total vitamin yang bisa Moms konsumsi adalah 60 miligram per hari dengan mengonsumsi berbagai buah dan sayur, seperti pepaya, melon, mangga, jambu, apel, dan brokoli. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   gizi,   nutrisi,   trimester ketiga,   ibu hamil