Mother&Baby Indonesia
Cukup Minum Air Mineral, Dukung Kehamilan Sehat dan Menyenangkan

Cukup Minum Air Mineral, Dukung Kehamilan Sehat dan Menyenangkan

Moms, hamil pada masa pandemi COVID-19 memang tidak mudah, ya. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh ibu yang sedang menjalani masa kehamilan di tengah pandemi ini adalah harus ekstra menjaga kesehatan untuk dirinya dan janin yang dikandungnya.

Tapi tidak perlu khawatir kok Moms, banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan Moms dan calon buah hati, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, melakukan olahraga ringan, dan cukup tidur.



Nah, ada satu hal yang tidak kalah pentingnya tapi masih sering diabaikan Moms. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga asupan cairan tubuh Anda. Ya, air punya peran yang tak kalah penting dalam menjaga sistem tubuh, mulai dari sel hingga organ-organ penting, agar bisa berjalan dengan baik.

Seperti halnya darah, air atau cairan dalam tubuh merupakan pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, asupan air yang cukup juga membantu mendukung fungsi pencernaan untuk penyerapan nutrisi maksimal dan membantu ginjal mengeluarkan sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan tubuh melalui urine. Wah, banyak banget kan Moms manfaatnya!

Jadi, jangan pernah malas untuk minum hanya karena enggan mesti bolak-balik ke kamar mandi. Sebab, aktivitas buang air kecil bermanfaat untuk membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme dari dalam tubuh Anda, Moms.

Nah, asupan cairan bagi ibu hamil perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya, kebutuhan cairan selama masa kehamilan akan meningkat dari kebutuhan normal orang dewasa. Merujuk pada Angka Kecukupan Gizi untuk Masyarakat Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI pada 2013, Moms membutuhkan minimal 8 gelas air mineral per hari ketika hamil. Angka tersebut masih perlu ditambah dari cairan yang berasal dari makanan, seperti buah dan sayur.

Perhatikan Kualitas Air yang Dikonsumsi

Namun satu hal yang perlu diingat, Moms sebaiknya jangan asal memilih minuman. Sangat disarankan bagi Moms untuk tidak terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau tinggi kadar gula karena bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan Anda.



Sebaiknya Moms memperbanyak asupan air yang kualitasnya juga terjaga, karena apa yang Moms minum nantinya akan diminum juga oleh janin dalam kandungan. Jadi, Moms perlu memastikan kembali kualitas air yang ada di rumah. Moms bisa lho, memilih air yang mengandung mineral alami, yang berasal dari sumber air terlindungi.

Dalam Nutrients in Drinking Water yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2005, disebutkan bahwa tubuh membutuhkan asupan mineral. Khusus untuk ibu hamil, mineral magnesium dan kalsium sangat diperlukan selama masa kehamilan. Utamanya, sumber mineral berasal dari makanan. Akan tetapi, mengonsumsi air mineral akan membantu Anda mencukupi kebutuhan mineral harian tubuh.

Air mineral berkualitas seperti AQUA bisa menjadi pilihan Moms untuk memenuhi kebutuhan hidrasi sehari-hari. Mineral alami AQUA yang terlindungi membantu ibu hamil mendapatkan hidrasi yang menyegarkan. Dengan selalu terhidrasi, Moms bisa tetap produktif selama menjalani kehamilan.


Perlu diketahui, AQUA berasal dari sumber pegunungan terpilih, yang ekosistem di sekitar sumber airnya terlindungi. Uji kualitasnya juga telah melewati lebih dari 400 cek lho, Moms! Dengan begitu, kekayaan mineral AQUA terjaga dan bermanfaat untuk tubuh.

AQUA benar-benar melindungi kealamian mineralnya dari mulai sumber air hingga sampai ke tangan Anda. Jadi, Moms tidak perlu khawatir dan lebih tenang dengan pilihan air mineral yang tepat, ya.

Tetap semangat menjalani kehamilan yang sehat dan bahagia, Moms! Pastikan kebutuhan cairan Anda selalu terpenuhi dengan AQUA yang terlindungi untuk melindungimu. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Aqua)

Referensi:

1. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017

2. Quattrini et al. 2016



Tags: kehamilan,   minum air,   ibu hamil,   mineral,   air mineral,   aqua