Mother&Baby Indonesia
Moms, Lakukan Cara Ini untuk Menjaga Vagina Tetap Rapat

Moms, Lakukan Cara Ini untuk Menjaga Vagina Tetap Rapat

Konon, vagina yang “rapat dan kencang” bisa menambah gairah seks. Pendapat ini memang masih diperdebatkan. Bagaimana menurut Moms sendiri? Perlu diketahui, di dunia medis sesungguhnya tidak ada istilah vagina rapat atau longgar. Pada dasarnya, otot vagina memang bersifat elastis dan bisa berubah bentuk sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun begitu, seiring dengan bertambahnya usia, kelenturan vagina memang bisa berkurang, tapi bukan berarti vagina akan terasa benar-benar longgar. Namun, tidak ada salahnya Moms tetap menjaga kesehatan vagina agar pasangan terpuaskan ketika bercinta. Berikut adalah beberapa cara alami agar vagina Anda sehat dan tentunya tetap rapat.

1. Senam Kegel

Senam kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah, termasuk otot yang berada di area vagina hingga rektum. Berikut adalah cara melakukan senam kegel:

• Temukan otot yang tepat. Caranya, saat buang air kecil cobalah berhenti di tengah-tengah prosesnya. Jika urine berhasil berhenti keluar, maka Anda telah menemukan otot yang benar.

• Rebahkan badan dengan posisi lurus.

• Kencangkan otot yang sama dengan otot yang Anda gunakan untuk menahan urine. Tahan selama 5 detik, lalu lemaskan lagi selama 5 detik.

• Ulangi langkah tersebut setidaknya 5 kali repetisi.

Setelah kekuatan otot panggul Anda sudah semakin baik, Anda bisa meningkatkan durasi latihan hingga 10 detik per set. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan senam kegel 3 set sebanyak 5-10 kali per hari.

2. Latihan Panggul

Untuk melatih otot vagina, Anda bisa juga melakukan latihan panggul sebagai berikut:

• Berdiri tegap dengan bahu dan pantat menyentuh tembok.

• Pastikan posisi lutut tetap santai.

• Tarik pusar ke arah tulang belakang, dan selama melakukan ini, pastikan punggung tetap menempel tegap di tembok.

• Lakukan selama 4 detik, lalu lepaskan.

• Ulangi hingga 10 kali per set sebanyak 5 kali sehari.

3. Menyantap Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale memiliki kandungan vitamin E, magnesium, dan kalsium yang sangat menyehatkan untuk otot, termasuk otot-otot di area vagina. Rutin mengonsumi sayuran hijau juga akan membantu meningkatkan aliran darah ke vagina, sekaligus mengatasi vagina yang terlalu kering. Langkah ini akan membantu meningkatkan kenikmatan Moms saat berhubungan seks.

4. Mengonsumsi Alpukat

Alpukat ternyata punya manfaat alami untuk membantu mengencangkan vagina, lho. Pasalnya, alpukat mengandung lemak sehat, vitamin B6, dan kalium. Kandungan nutrisi tersebut bisa membantu menaikkan gairah seks dengan cara meningkatkan produksi cairan di vagina serta kadar hormon estrogen dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga akan menguatkan dinding vagina.

5. Memperbanyak Asupan Kedelai

Kacang kedelai mengandung fitoestrogen, dengan struktur dan fungsi yang menyerupai hormon estrogen dalam tubuh. Komponen ini akan membantu meredakan vagina yang kering dan melancarkan alirah darah ke area genital sehingga kulit di area tersebut bisa tetap sehat. Selain itu, kedelai bersifat hidrofilik, artinya dengan mengonsumsi kedelai maka otot-otot tubuh Anda, termasuk yang ada di area vagina, bisa menahan lebih banyak air sehingga tidak kering dan tetap elastis.

6. Mengonsumsi Ubi

Ubi mengandung beta karoten dan vitamin A yang akan membantu memperkuat dinding rahim dan dinding vagina. Selain itu, umbi-umbian juga baik bagi wanita yang memiliki riwayat polycystic ovary syndrome (PCOS). (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)




Tags: vagina,   seks,   otot vagina