Mother&Baby Indonesia
5 Jenis Pujian yang (Diam-diam) Disukai Suami

5 Jenis Pujian yang (Diam-diam) Disukai Suami

Tak hanya Anda, suami pun (diam-diam) senang jika diberi pujian lho, Moms. Walau selama ini suami terlihat stay cool atau tidak ekspresif seperti istri, namun pujian tetap membuatnya merasa bahagia dan dihargai. Dari sisi psikologis, memberi pujian untuk suami tercinta memiliki banyak dampak positif untuknya, seperti meningkatkan rasa percaya diri, hingga membuat hubungan rumah tangga makin harmonis.

Namun dalam memberikan pujian, Moms harus atur agak pujiannya tidak terkesan aneh, terlalu dipaksakan, atau tidak tulus. Jangan bingung memilih pujian, berikut beberapa pujian yang sangat disukai suami. Silakan coba praktikkan ke suami Anda ya, Moms.

1. Pujian Usaha Suami

Jenis pujian ini diberikan untuk sebagai penghargaan terhadap upaya keras yang telah dilakukan suami untuk Anda dan keluarga. Upaya yang dimaksud bukan banyaknya uang yang diberikan untuk Anda lho, Moms, tetapi lebih ke upaya apa pun yang suami lakukan dengan tulus untuk memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga, baik lahir maupun batin. Contohnya adalah:

• Terima kasih sudah memperbaiki pipa yang bocor, ya. Kalau enggak ada kamu, rumah kita mungkin udah banjir nih, Pa.

• Papa membantu Mama menata tanaman di halaman depan rumah, ya? Wah, halaman kita jadi makin cantik. Terima kasih, ya.

• Wow, Papa menyiapkan sarapan? Terima kasih ya, Pa. Mama yang tadinya kurang enak badan, jadi cepat pulih deh, karena dibantu Papa.

2. Pujian Karakter

Umumnya, pria menyampaikan emosinya lewat sikap dan aktivitas, bukan lewat kata-kata seperti yang sering dilakukan wanita. Maka sangat penting untuk memuji karakter baik dalam diri suami Anda, agar suami tahu kalau Anda memperhatikannya dan menyukainya. Ini beberapa contoh pujian untuk karakter baik suami:

• Papa ramah banget sama semua orang, semoga anak-anak kita bisa mencontohnya, ya.

• Kamu selalu bisa memaafkan kesalahan orang lain, dan aku banyak belajar soal memaafkan dari kamu.

• Sebagai pemimpin perusahaan, Papa sangat bijak dan bisa dijadikan contoh yang baik. Semoga sikap Papa bisa menularkan banyak kebaikan untuk karyawan yang lain, ya.

3. Pujian Penampilan

Siapa bilang hanya wanita yang peduli penampilan? Pria juga suka terlihat menarik dan diberi pujian karena tampil keren lho, Moms. Ini beberapa contoh pujian penampilan yang diam-diam disukai suami:

• Wah, Papa keliatan ganteng banget dengan potongan rambut baru seperti itu.

• Pilihan jas Papa selalu bagus, jadi makin ganteng, deh.

• Otot Papa semakin kekar, Mama jadi semakin suka dipeluk Papa.

4. Pujian Kecerdasan

Pria suka diajak mengobrol yang amat ia kuasai atau sukai. Menurut pria, hal seperti itu sangat intim dan romantis, ia pun merasa Anda sedang berusaha untuk mengenal dirinya lebih dalam lagi. Ini contoh pujian kecerdasan yang bisa Moms coba:

• Aku beruntung banget punya suami sepintar kamu, seperti menikahi ensiklopedia berjalan.

• Wah, semua lagu bisa Papa mainkan dengan baik. Papa memang berbakat banget di bidang musik.

• Cuma kamu yang bisa menghitung secepat itu, kalah deh, kalkulator.

5. Pujian Keputusan

Banyak istri mengira semua kepala keluarga sudah pasti bisa mengambil keputusan dengan baik. Faktanya, mengambil keputusan tidak semudah membalikkan telapak tangan lho, Moms. Maka ketika suami membuat keputusan dengan tepat, memberinya pujian bisa menjadi cara untuk menunjukkan rasa bangga dan terima kasih Anda untuknya. Ini contoh pujian untuk suami dalam membuat keputusan:

• Menunda anak masuk sekolah di tengah pandemi ini adalah keputusan yang sangat tepat, Pa. Kalau enggak ada Papa, Mama pasti menyesal sudah mendaftarkan anak kita sekolah.

• Mama banyak belajar dari Papa untuk cermat mengambil keputusan. Ilmu ini sangat berguna di kantor, terima kasih ya, suamiku sayang.

• Keputusan Papa menunda liburan sangat tepat, karena angka COVID-19 di kota yang akan kita kunjungi semakin tinggi. Prediksi Papa selalu akurat, hebat deh, Papa. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: pujian untuk suami,   pernikahan,   rumah tangga,   suami istri,   keluarga