Mother&Baby Indonesia
Khusus Buat Moms, Ini Rahasia Kehidupan Seks yang Lebih Baik

Khusus Buat Moms, Ini Rahasia Kehidupan Seks yang Lebih Baik

Seks adalah salah satu bumbu penting dalam pernikahan. Para ahli pun setuju bahwa seks mampu membantu menjaga keintiman dan keharmonisan rumah tangga. Maka, kehidupan seks yang sehat sering kali dijadikan sebagai salah satu tanda kebahagiaan sebuah pasangan.

Akan tetapi, bagaimana jika setelah sekian lama menikah berhubungan seks mulai membosankan? Apakah ini serta merta menandakan pernikahan yang membosankan juga? Belum tentu, karena bisa saja penyebabnya ada pada Anda, baik secara fisik maupun psikologis.

Tak perlu khawatir Moms, Anda bisa membuat seks kembali menyenangkan dengan mudah, kok! Mengutip Everyday Health, berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Moms memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

1. Memahami Diri

Hal pertama yang Moms perlu tahu adalah apa yang Moms suka dan tidak suka. “Mengetahui hal-hal yang membuat nyaman, merangsang serta mematikan gairah, stimulasi agar terangsang, posisi yang disuka, dan pasangan yang bisa mengikuti alur keinginan Anda akan sangat membantu,” ujar dr. Ian Kerner, PhD, psikoterapis dan terapis seks di New York. Setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk mengomunikasikan hal ini dengan pasangan ya, Moms.

2. Fokus pada Momen

Dengan gaya hidup masa kini yang rentan tekanan dan stres, normal jika perhatian Moms mudah teralih. Tapi bagi perempuan, sangatlah penting agar fokus di momen romantis saat berhubungan seks. “Anda ingin berada di sebuah tempat di mana otak Anda benar-benar rileks, sehingga Anda bisa mengalami rangsangan penuh dan orgasme,” jelas dr. Kerner.

Jika perlu, Moms bisa lakukan meditasi atau hal-hal lain yang bisa membantu untuk fokus. Sebuah studi yang dimuat Journal of Sex and Marital Therapy pada tahun 2018 menemukan bahwa perempuan yang melakukan meditasi memiliki skor yang lebih tinggi pada fungsi dan gairah seksual. Moms juga bisa berfantasi untuk membantu diri merasa tenang dan rileks.

3. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Sebuah studi yang dimuat Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa gambaran tubuh, termasuk perhatian pada berat badan, kondisi fisik, daya tarik seksual, dan pemikiran soal tubuh saat berhubungan seks dapat memengaruhi kepuasan seksual pada perempuan. Maka, menerima dan mencintai kondisi fisik sendiri merupakan cara pertama yang bisa Anda lakukan agar seks menjadi lebih baik.

Jika diperlukan, berolahraga secara teratur dapat membantu membangun rasa percaya diri serta kepuasan seksual yang lebih baik. Olahraga teratur mampu meningkatkan energi serta daya tarik yang bisa membuat Anda merasa percaya diri.

4. Percaya dengan Pasangan

Rasa aman dan kepercayaan terhadap pasangan merupakan fondasi penting agar seks dapat terasa semakin bermakna dan bergairah. Jalin komunikasi yang jujur, beraspirasi, serta tulus. Hal-hal seperti ini mampu membangun rasa aman dan percaya terhadap pasangan.

5. Ketahui Status Seksual Pasangan

Jangan takut untuk bertanya tentang riwayat kehidupan seksual pasangan Anda, Moms. Hal ini dapat membantu Anda membangun kepercayaan dan rasa aman terhadap pasangan Anda. Dengarkan penjelasannya dengan pikiran terbuka tanpa penilaian tertentu. Jika ia tak mau membuka diri, mungkin ia menyembunyikan sesuatu dan menjadi tanda bagi Moms untuk perlu menyelesaikan masalah ini kelak.

6. Gunakan Bantuan

Bukan rahasia lagi bahwa perempuan memiliki durasi kesehatan organ reproduktif yang lebih pendek dibandingkan dengan laki-laki, sehingga rasa nyeri atau sakit pada vagina saat berhubungan intim sering kali tak bisa dielakkan. Karena itu, tak ada salahnya untuk menggunakan bantuan agar seks semakin nikmat, Moms. Pelumas bisa menjadi bantuan yang tepat. Dr. Kerner menyarankan untuk memilih pelumas berbahan dasar air yang alami untuk sensasi seks yang lebih nyaman. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   seks,   pernikahan,   suami istri,   hubungan intim