Mother&Baby Indonesia
5 Trik Simpel untuk Membuat Anak Mau Tidur Siang

5 Trik Simpel untuk Membuat Anak Mau Tidur Siang

Selain gizi sehat seimbang dan stimulasi yang tepat, tidur yang cukup dan berkualitas juga sangat penting bagi tumbuh kembang Si Kecil. “Tidur memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak,” tutur Dr. Jacqueline Hunziker, dokter spesialis anak di klinik Swedish Pediatrics, seperti dikutip dari Parent Map.

Terutama bagi anak yang masih kecil, tidur siang adalah aspek penting. Otaknya dan tubuhnya perlu beristirahat untuk memproses segala informasi setelah hampir seharian beraktivitas. Biasanya, balita butuh 1-2 jam untuk tidur siang. Tapi tak jarang Si Kecil ogah jika diajak tidur siang. Hmm, kalau sudah begini repot, ya. Akan tetapi, tidak perlu khawatir, Moms. Berikut ini 5 trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu agar Si Kecil mau tidur siang.

1. Siapkan Suasana Mendukung

Membuat suasana tidur siang seperti tidur malam dapat membantu Si Kecil memahami waktu tidurnya. Matikan lampu kamar, hindari distraksi seperti televisi atau mainan, dan jaga ketenangan kamar Si Kecil. Jika perlu, nyalakan musik yang menenangkan untuk membantunya rileks dan siap tidur.



Moms juga bisa ajak Si Kecil untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum tidur. Sebagai contoh, Moms bisa bacakan cerita atau menyanyikan nina bobo sebelum tidur siang.

2. Jadikan Rutinitas

Jadikan tidur siang sebagai rutinitas pada jam yang sama setiap harinya, Moms. Hal ini akan mempermudah Si Kecil untuk mau tidur siang. Sebabnya, tubuhnya akan terbiasa dengan rutinitas ini. Rutinitas berperan penting dalam pertumbuhannya, karena memberikannya kestabilan emosi dan rasa aman.

Strategi yang bisa Anda gunakan, setel jam bangun pagi, jam tidur siang, dan jam tidur malam yang sama setiap hari, bahkan saat weekend. Jika perlu, Moms bisa ikuti jadwal tidur siang daycare Si Kecil. Tidur siang di tempat yang sama dengan tempat ia tidur malam juga dapat sangat membantu Si Kecil merasa nyaman dan siap tidur.



3. Bakar Energi Sebelum Tidur Siang

Balita adalah sosok dengan energi yang berlimpah. Oleh karena itu, Si Kecil tak akan mau tidur siang jika energinya belum habis. Caranya, Moms bisa ajak Si Kecil untuk beraktivitas fisik di luar rumah setidaknya selama 15 menit. Bersepeda atau bermain dengan hewan peliharaan dapat dilakukan. Jika harus tetap berada di rumah, Si Kecil bisa melakukan aktivitas dengan stimulasi mental yang cukup, seperti melukis atau bermain balok susun.

4. Perhatikan Kebiasaannya

Balita Anda tak pernah mau tidur siang di jam 12 siang? Mungkin jadwal tidur siang yang Anda buat tidak sesuai dengan Si Kecil. Jika terlalu dini, Si Kecil masih penuh akan energi dan tak mau tidur. Sedangkan jika terlambat, maka Si Kecil akan terlalu lelah dan dipenuhi dengan energi artifisal sehingga malah bisa membuatnya rewel dan sulit tidur.

Untuk itu, Moms perlu memperhatikan kebiasaan anak Anda untuk mengetahui waktu mengantuk Si Kecil. Jika perlu, Moms bisa bantu membuat kebiasaan baru untuknya sehingga ia cukup lelah dan bisa tidur siang di jam yang Anda anggap ideal.

5. Konsisten

Last but not least, Moms perlu konsisten dan berpegang teguh pada kebiasaan ini, terutama jika Si Kecil tak pernah tidur siang sebelumnya. Beberapa minggu awal dapat terasa sangat sulit. Si Kecil akan merengek dan rewel tak mau tidur siang, bermain tanpa henti, alasan antitidur siang, dan banyak rintangan lainnya akan Anda hadapi untuk beberapa saat. Tapi hal ini akan setimpal dengan keberhasilan Anda kelak yang ditunjukkan dengan Si Kecil yang lebih ceria dan sehat. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   tidur siang