Mother&Baby Indonesia
8 Bahan Alami untuk Lawan Rambut Rontok Usai Melahirkan

8 Bahan Alami untuk Lawan Rambut Rontok Usai Melahirkan

Saat hamil, ada banyak hal yang berubah untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan diri Anda serta janin. Salah satunya adalah keberadaan hormon progesteron. Selain membantu dalam proses kehamilan, hormon ini bisa membuat kulit jadi lebih lembut dan bersinar hingga rambut jadi lebih tebal dan halus, meskipun Anda tidak melakukan perawatan khusus.

Namun setelah melahirkan Si Kecil, kondisi fisik Anda ternyata juga akan ikut berubah. Termasuk untuk urusan rambut yang mungkin saja akan mengalami kerontokan. Bila dibiarkan, hal ini tentunya akan bisa menurunkan rasa percaya diri Anda ya, Moms.

Sebenarnya, merawat kesehatan rambut agar terhindar dari kerontokan memang susah-susah-gampang. Namun, jangan khawatir karena ada bahan-bahan alami yang bisa Moms manfaatkan untuk mengembalikan kondisi rambut indah Anda. Dengan pemakaian yang rutin dan diiringi kesabaran, bahan-bahan berikut ini bisa membantu Moms kembali memiliki rambut idaman.



1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera memang populer sebagai bahan perawatan rambut. Moms bisa gunakan tanaman ini untuk menenangkan kulit kepala. Cukup oleskan gel lidah buaya di seluruh bagian kepala, tunggu hingga 15-20 menit, dan bilas dengan air bersih. Dengan begitu, kulit kepala Anda akan lebih lembap sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

2. Biji Fenugreek

Anda bisa menguatkan folikel rambut agar dapat terjaga ketahanannya serta mengatasi masalah ketombe dengan memanfaatkan biji fenugreek yang kaya akan protein dan lesitin. Untuk memakainya, Moms perlu merendam dua sendok funegreek semalaman terlebih dahulu. Setelah direndam, giling lalu oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, dan bilas rambut Anda sesudahnya.

3. Telur


Menggunakan telur sebagai sumber protein sebagai masker untuk menguatkan folikel rambut juga merupakan pilihan yang tepat. Ambil sebutir telur mentah, campur dengan setengah buah alpukat, satu sendok makan minyak kelapa, dan setengah sendok teh madu. Setelah itu, oleskan pada rambut Anda dan didiamkan 30 menit. Kemudian, bersihkan rambut Anda.

4. Cuka Apel dan Teh Hijau

Meski rambut tak tebal, namun teksturnya yang bisa mengembang akan membuat Anda bisa lebih percaya diri. Untuk meningkatkan volume rambut ini, gunakan campuran dari seperempat cup cuka apel dan 1 gelas teh hijau. Jadikan campuran ini sebagai pengganti conditioner alami tanpa dibilas untuk mendapatkan rambut bervolume tanpa mengubah warna naturalnya.

5. Jus Jeruk

Selain diminum, jus jeruk juga bisa diaplikasikan ke rambut untuk membuat rambut jadi tampak berkilau serta bebas dari ketombe. Cukup basahi rambut dengan jus jeruk, diamkan selama 20 menit dan lakukan sekali seminggu saja. Selain rambut berkilau, aromanya juga akan sangat menyegarkan.



6. Santan


Santan tak hanya dapat membuat makanan menjadi gurih, tapi juga bisa dipakai sebagai masker rambut Anda. Cukup campurkan setengah cup santan dengan 3 sendok teh minyak zaitun, lalu oleskan ke rambut. Kemudian, tutup rambut dengan topi atau bungkus dengan plastik untuk memberikan hawa panas tubuh agar campuran lebih cepat meresap. Tunggu selama 10-15 menit, bilas, dan dapatkan pertumbuhan rambut yang lebih kuat dari sebelumnya.

7. Campuran Rosemary-Nettle Tea (teh jelatang) dan Gingseng

Menurut studi, rosemary memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan nettle tea dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Percampuran keduanya tentu akan sangat bermanfaat pada kesehatan dan ketebalan rambut Anda.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, masak tiga perempat cup rosemary segar dan satu kantong teh jelatang ke dalam dengan satu cup air hingga mendidih. Lalu, masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke rambut, diamkan semalaman tanpa di bilas.

Selain kedua bahan tersebut, Moms juga bisa menggunakan ginseng untuk memperoleh rambut yang tebal. Ginseng sudah terbukti mampu menstimulasi batang rambut agar tumbuh dengan kuat serta mencegah rambut rontok. Anda bisa mencampurkan ginseng dengan minyak kelapa/minyak zaitun untuk dijadikan masker, atau masak sebagai teh yang disemprotkan ke rambut dan diamkan semalaman.

8. Minyak Zaitun dan Jahe

Moms juga bisa membuat serum rambut sendiri dengan mencampurkan minyak zaitun dengan parutan jahe. Gunakan campuran ini sebagai minyak pijat di bagian kepala, lalu biarkan selama 30-45 menit dan bilas. Rambut pun akan ternutrisi dengan baik dan pertumbuhan rambut akan semakin meningkat

Semoga bahan-bahan alami ini bisa membantu Moms melawan kerontokan rambut, ya! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu baru,   persalinan,   ibu melahirkan,   rambut,   rambut rontok